Pembuatan Hand Sanitizer Otomatis Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Dan Peningkatan Kesadaran Masyarakat Kampung Leuwiliang Terhadap Kesehatan di Masa Pandemi

Authors

  • Andyta Wanda Mahdania Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deasy Amalia Widianingsih Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Solihin Solihin Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

COVID-19, hand sanitizer otomatis, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kawasan Wisata Gunung Kareumbi

Abstract

Telah dilakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis pemberdayaan masyarakat (SISDAMAS) yang dilaksanakan di kampung Leuwiliang RW 07, desa Tanjung Wangi, kecamatan Cicalengka, kabupaten Bandung. Desa Tanjung Wangi merupakan desa yang sangat asri, dikelilingi oleh gunung – gunung dengan hutan yang rimbun dengan kondisi alam yang masih sejuk, sehingga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sumber mata pencaharian salah satunya dengan membangun objek wisata alam sederhana bernama Taman Buruan Masigit Kareumbi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Dengan meninjau bahwa pada saat ini masih dalam kondisi pandemi maka perlu dilakukan suatu langkah untuk melakukan protokol khusus untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19 khususnya di tempat wisata tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan membersihkan tangan secara teratur dengan menggunakan sabun atau handsanitizer, maka muncul inisiatif untuk membuat alat Hand sanitizer otomatis dibuat menggunakan IR sensor (infrared sensor) dengan prinsip kerja secara umum adalah ketika ada benda yang terdeteksi (dalam hal ini telapak tangan), maka alat akan aktif dan mengeluarkan cairan hand sanitizer secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu menyentuh botol hand sanitizer. Adapun metode pelaksanaan KKN-DR SISDAMAS di kampung Leuwiliang RW 07 ini secara umum dilakukan dengan cara observasi lapangan dan pelaksanaan program. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi fungsi kerja alat hand sanitizer otomatis berbasis IR obstacle sensor ini. Diantaranya adalah kondisi cahaya lingkungan sekitar sensor, jarak sensor terhadap objek, dan sensitivitas sensor yang terlalu tinggi, sehingga perlu adanya perbaikan sistem pada alat ini.

References

Asni T., Dwi Sri S. (2020). Handsanitizer Otomatis Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Atmega 328 Guna Pencegahan Penularan Virus Corona. Jurnal KOMTEK V,4( 2), 127-135.

Benjamin, D.T. 2010. Introduction to Hand Sanitizer.

Bherlinda, Yulia; Kartika, Yuni. 2021. Penerapan Hand Sanitizer Otomatis dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19 Pada Pelanggan di Swalayan Rani Bantul. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Dharma Patria Kebumen.

Budiana, B; Sani, Abdullah; Sutopo P, Daniel; Prihadi Eko W, Muhammad. 2020. Pembuatan Alat Otomatis Hand Sanitizer sebagai Salah Satu Antisipasi Penyebaran COVID-19 di Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Electrical Engineering. Politeknik Negeri Batam.

Dian D, Arya; Prasetyo, Rian; Yuni W, Eka. 2019. Pembuatan Prototype Automatic Trash Bin untuk Sampah Foreign Object Damage (FOD) dengan Sistem Informasi Berbasis Short Message Service (SMS) Gateway. INDEPT. Universitas Nurtanio Bandung.

P. Liu, Y. Yuen, H.-M. Hsiao, L.-A. Jaykus, and C. Moe. (2010). Effectiveness of Liquid Soap and Hand sanitizer against Norwalk Virus on Contaminated Hands. Appl Environ Microbiol V,76(2), 394-399.

Setiawan, Y. I. S. (2020) ‘Penetapan Karantina Wilayah Menurut Pandangan Legal Positivisme Dalam Rangka Pencegahan dan Pemberantasan Pandemi Coronavirus Disease (Covid) -19’, pp. 1–16. doi: 10.31219/osf.io/zfg6x.

Wijayanto, Wahyu; Permatadeny N, Ary; Ahlis M, Hisbulloh. 2021 ‘Perancangan Sistem Otomatisasi Hand Sanitizer Berbasis Sensor Infrared Barrier Module’. Jurnal NOE UPN Kediri IV(1).

http://www.antimicrobialtestlabolatories.com/information_about_hand_sanitizer.html.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Mahdania , A. W. ., Widianingsih , D. A. ., & Solihin , S. . (2022). Pembuatan Hand Sanitizer Otomatis Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Dan Peningkatan Kesadaran Masyarakat Kampung Leuwiliang Terhadap Kesehatan di Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 132–153. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1258

Issue

Section

Articles