Mengabdi di Masa Ppkm Pandemi Covid-19 di Desa Bulusonik Kecamatan Barumun

Authors

  • Nadya Indra Husni Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pengabdian, Pandemi, Program, Desa Bulusonik

Abstract

Wabah covid-19 mengakibatkan berbagai sektor lumpuh dan berdampak negatif dari adanya penyakit menular tersebut, seperti ekonomi, perindustrian, pariwisata,  dan bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, proses pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan terkena dampak pandemi sehingga kegiatan pembelajaran dirumahkan, seperti pelaksanaan pengabdian mahasiswa. Namun untuk mempermudah, pelaksanaan pengabdian dapat dilakukan disekitar lingkungan rumah atau di desa terdekat. Sehingga penulis memilih melaksanakan kegiatan pengabdian di desa Bulusonik yang dekat dengan lingkungan penulis. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di desa Bulusonik dilakukan secara langsung selama satu bulan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun desa termasuk zona hijau. Pengabdian dilakukan dengan mengunjungi rumah masyarakat lalu mensosialisasikan rancangan program. Metode pemberdayaan masyarakat yang digunakan memadukan penelitian dan pengabdian serta menggunakan tiga tahapan yaitu refleksi sosial (Social Reflection), perencanaan partisipatif (Participation Planning) plus sinergi program, dan pelaksanaan program (Action Program). Semua program yang direncanakan bersama terselenggara dengan baik dan lancar hal tersebut berkat kerja keras dan kerjasama yang baik, namun penjadwalan program masih kurang baik. Lalu, respon masyarakat desa Bulusonik sangat baik terhadap pelaksanaan hasil pengabdian.

References

LP2M UIN Bandung. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Wawancara dengan Kepala Desa pada 03 Agustus 2021.

Wawancara dengan tokoh masyarakat pada 03 Agustus 2021.

Wawancara dengan perangkat Desa pada 06 Agustus 2021.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Husni , N. I. . (2022). Mengabdi di Masa Ppkm Pandemi Covid-19 di Desa Bulusonik Kecamatan Barumun. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 82–97. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1246

Issue

Section

Articles