Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Dusun Pasantren Desa Gunungmanik

Authors

  • Audry Rahmasuci Yudatama Agroteknolog, Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN SUnan Gunung Djati Bandung
  • Fijri Nabilah Sejarah dan Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Farel Annaufal Sejarah dan Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nadia Nurul Arifin Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Tarbiyyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizky Faturachman Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motivasi Belajar, Pendampingan Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Abstract

Pandemi Coronavirus Disease 19 atau COVID-19 sudah hampir 2 tahun menyerang Indonesia. Hal ini sangat berdampak pada berbagai aktifitas kehidupan salah satunya bidang pendidikan yang mengalami banyak perubahan. Aktifitas belajar mengajar di sekolah dibatasi dengan kebijakan pemerintah yang memberlakukan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di rumah saja dengan sistem DARING (dalam jaringan). Namun ada banyak faktor yang menjadi penghambat proses pembelajaran jarak jauh yang menyebabkan motivasi anak menurun. Oleh karena itu, salah satu program kegiatan KKN-DR di Dusun Pasantren Desa Gunungmanik yaitu program pendampingan pembelajaran daring yang bertujuan untuk menjadi problem solver pada permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi dan meningkatkan motivasi dan semangat belajar pada siswa. Setelah kegiatan dilaksanakan, siswa mengikuti kegiatan dengan sangat antusias dan menjadi lebih rajin lagi belajar di rumah. Hal ini membuktikan bahwa semangat siswa dalam pembelajaran daring menjadi lebih meningkat.

References

(n.d.). Retrieved September 5, 2021, from https://covid19.go.id/

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Islam. Jurnal Lantanida, 5(2), 93-196.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(3), 33-41.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Yudatama, A. R., Nabilah , F. ., Annaufal , M. F. ., Arifin, N. N. ., & Faturachman, R. . (2022). Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Dusun Pasantren Desa Gunungmanik. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 44–53. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1242

Issue

Section

Articles