Optimalisasi Kegiatan Pendidikan Dan Sosial Pada Era Covid-19 Di Desa Telaga Murni Kecamatan Cikarang Barat

Authors

  • Anisa Nur R Prodi Hukum Ekonomi Syari'ah, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islman Negeri Sunan Gunung Djati
  • Bayu P Biologi, Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hanifathu K Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab & Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurfadilah Nurfadilah Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saifuddin Nur Nur Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid 19, Pendidikan, Sosial

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi salah satu permasalahan dunia yang menerpa berbagai aspek seperti ekonomi, kesehatan, sosial, dan pendidikan. Pada dunia pendidikan keberlangsungan pembelajaran secara tatap muka menjadi terhambat karena pembatasan sosial, bukan hanya itu saja kegiatan sosial juga ikut terhambat. Tujuan pelaksanaan KKN di Desa Telagamurni untuk membantu pengoptimalisasian kegiatan dalam bidang pendidikan dan sosial pada era covid-19. Metode yang di lakukan dalam kegiatan ini menggunakan metode diskusi dan berkontribusi secara langsung dalam kegiatan. Dimana mitra yang terlibat adalah siswa sekolah dan masyarakat Desa Telagamurni itu sendiri. Pelaksanaan kegiatan KKN ini dilakukan pada dua wilayah yakni di Desa Telagamurni Kp. Bojong Koneng RT 002 RW 001 dan di Desa Telagamurni Kp. Warung Bambu RT 002 RW 009. Adapun program yang kami lakukan seperti, Bimbingan Belajar, Taman Baca, Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim.

 

References

Development, C., & Vol, D. M. (2019). JCD: Journal of Community Development and Disaster Management Vol 1 No 1 | Jan 2019. 1(1), 41–54.

Kamala, N. (2009). Tinjauan Hukum Islam dan Kesehatan Terhadap Khitan Bagi Laki-Laki dan Perempuan. 91.

Susanti, H., Si, M., & Utara, U. S. (2015). Fungsi Ikatan Persaudaraan Muslim Socfindo (Ipms) Dalam Membangun Hubungan Sosial Dengan Masyarakat Sekitar. Perspektif Sosiologi, 3(1), 75–89.

Misriyani, M., & Mulyono, E, S. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3 (2).160-172

Wafa, A, Z. (2016). Subjective well-being of orphans orphans in the orphanage muhammadiyah Purworejo. Tajdida, 14 (2)

Dihartawan, Dkk. (2020). Bakti Sosial Khitanan Massal Mass Circumcision Social Service. As-Syifa: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1 (2)

Nafrin, A, I., & Hudaidah. Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi covid-19. Edukatif: Jurnal ilmu pendidikan, 3 (2) 456-462

Firdaus, Junaidin, & Surip. Interaksi sosial masa pandemi covid-19 (studi pada masyarakat di kelurahan Nungga kota Bima). Jurnal komunikasi dan kebudayaan, 7 (2)

Kemendikbud, 2020. Pedoman Penyelenggara Belajar Dari Rumah.

Rahman, B, I., & Nelisa, M. 2018. Penerapan Program Kreatif di Taman Bacaan Masyarakat Komunitas Togok Di Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1):293-304

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Nur R, A. ., P, B. ., K, H. ., Nurfadilah, N., & Nur, S. N. (2022). Optimalisasi Kegiatan Pendidikan Dan Sosial Pada Era Covid-19 Di Desa Telaga Murni Kecamatan Cikarang Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(75), 26–36. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1086

Issue

Section

Articles