Peningkatan Minat Baca pada Anak di Madrasah Khalasha Desa Girimekar

Authors

  • Azhar Zaeban Prodi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Chelsy Triputri Kurnia Prodi Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • , Elsha Riani Risana Christinawati Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mutia Nanda Harmiza Putri Prodi Hukum Keluarga, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zidan Abdul Fatah Shidiq Prodi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhwan Aulia Fatahillah Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Pemecahan Masalah, Sumber Daya Manusia

Abstract

Peringkat minat baca di Indonesia masih berada di bawah rata-rata, terutama para pelajar di desa Girimekar. Hal tersebut tidak lepas dari faktor pandemi yang sedang terjadi sekarang. Pandemi juga mengakibatkan perekonomian masyarakat menurun. Maka dari itu kami merencanakan program bersama desa untuk meningkatkan minat baca dan mengembangkan motivasi belajar di desa Girimekar menargetkan para pelajar rentang usia TK sampai SMP.  Kami mengunjungi sekolah dan madrasah diniyah untuk mensosialisasikan program kami agar segera dijalankan. Metode peningkatan yang kami gunakan yaitu mengadakan kelas tambahan literasi di sekolah sekitar. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat peningkatan minat baca pada anak-anak di TK khalasa. Setelah berjalan konsisten selama satu bulan, akhirnya kami dapat sedikit membantu meningkatkan motivasi membaca anak-anak dan menerapkan bagaimana cara memahami buku yang dibaca oleh siswa.

References

Afandi, A. 2021. Literasi Lingkungan Dan Kesadaran Lingkungan : Potensi Dan Tantangan Dalam Pendidikan Abad 21. March..

Djumransjah, M. 2004. Filasafat Pendidikan, Malang: Bayumedia Publishing.

Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. 1(1).

Utami, Larasati. 2021. Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara.

https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661

Warsihna, Jaka. 2016. Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. 4(2).

Yukaristia. 2019. Literasi: Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Problematika Sosial di Indonesia. Sukabumi: Penerbit CV Jejak

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Zaeban, A., Kurnia, C. T., Christinawati, , E. R. R., Putri, M. N. H., Shidiq, Z. A. F., & Fatahillah, I. A. (2022). Peningkatan Minat Baca pada Anak di Madrasah Khalasha Desa Girimekar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(76), 11–21. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1036

Issue

Section

Articles