Pemberdayaan Masyarakat dalam Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat di Masa Covid-19

Authors

  • Rini Sulastri Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alfi Falhi Ramadhan Program Studi Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deden Rahmat Hidayat Program Studi Hukum Pidana Islam, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fanny Octavianie Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan GUnung Djati Bandung
  • Jean Rahmatunnisa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Lingkungan Bersih, Pemberdayaan, Sehat

Abstract

Menjaga kondisi lingkungan sekitar rumah yang bersih dan sehat sebagai keharusan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19. Permasalahan lingkungan yang terjadi di RW. 03 Desa Langonsari berkaitan dengan sampah yang tidak terkelola dengan baik dan kesadaran warga pada kebersihan lingkungan rendah. Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif, sumber data yang digunakan melalui observasi dan wawancara. Hasil pemberdayaan ini menunjukkan bahwa melalui program KKN DR Sisdamas Desa Langonsari dapat memberdayakan masyarakat dalam bentuk kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan, pengadaan bak sampah dan pengelolaan sampah. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari  seluruh warga masyarakat RW 03 Desa Langonsari dan Aparat Desa.

References

Anggita Dwi Ardhani. (2020). Dua Sisi Mata Uang: Kebijakan Publik dan Penanganan Sampah Plastik di Indonesia. Penelitian Kementrian Sosial dan Kajian Strategis , 2.

Kemenkes. (2021, September Rabu). Data Pasien Covid Hari ini. Retrieved from https://covid19.go.id/

MRPDIP. (2020). Respirologi Indonesia. Jurnal Respirologi Indonesia, 122-123.

Notoatmodjo. (2011). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Otto Seomawarto. (2001). Ekologi Lingkungan Hidup. Jakarta: Djembatan.

Sidik dkk. (2013). Program Hidup Sehat Untuk Masyarakat. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(1), 10.

Soejono Soekanto. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.

Sri Suryani. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Jurnal Aspirasi. 5(1), 71-84.

Taufik, Agus & Maulana, Fajar. (2015). Sosialisasi Sampah Organik Dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah, 4(1), 68-73.

Wahyuning. (2012). Pengelolaan Sampah Berbasis “Zero Waste” Skala Rumah Tangga Secara Mandiri. Jurnal sains dan teknologi. 4(2), 7-8.

Yasril Yazid, dkk. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Lingkungan. Jurnal Risalah , 1-9.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Sulastri, R. ., Ramadhan, A. F., Hidayat, D. R., Octavianie, F., & Rahmatunnisa, J. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat di Masa Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(70). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/971

Issue

Section

Articles