Pendampingan Pembelajaran Siswa di Wilayah RW.02 Kelurahan Rancabolang Pada Masa Pandemi

Authors

  • Arifa JIhan Nurfauziah Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rohdatul 'Aisy Program Studi Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhwan Aulia Fatahillah Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi, Pembelajaran, Pendampingan, Siswa

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk pendampingan beberapa siswa sekolah dasar di wilayah RW.02 kelurahan Rancabolang dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid– 19 dilihat dari kemampuan berfikir siswa dan peranan orang tua. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat. Sasaran pengabdian ini adalah beberapa siswa jenjang Sekolah Dasar yang berada di wilayah RW.02 Kelurahan Rancabolang. Hasil penelitisn ini merujuk pada data yang diperoleh dari hasil pengamatan harian siswa selama 12 hari. Berdasarkan hasil pengabdian yang di dapatkan,terdapat lima orang siswa kelas empat dari sekolah yang berbeda memiliki kemampuan berpikir yang bermacam-macam terutama dalam kemampuan pemecahan masalah. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia pengajar yang berbeda dan peranan orang tua sangat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa di sekolah pada masa pandemi covid-19.

References

Dian Sulistyaningrum, d. (2020). ndampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Study Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyayrakat.

Langke, R. (2019). Pendidikan Keagamaan di Era Global. Jurnal Ilmiah Iqra', 58-59.

M, A. O. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Putra, Aprilian Kusuma, dkk. 2015. Laporan Kelompok 1039 KKN Semester Khusus Tahun 2015. LP2M; Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung, 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Nurfauziah, A. J. ., ’Aisy, R. ., & Fatahillah, I. A. (2022). Pendampingan Pembelajaran Siswa di Wilayah RW.02 Kelurahan Rancabolang Pada Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(58). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/947

Issue

Section

Articles