Ekspresi Keberagamaan Lingkungan Masyarakat Kampung Serang Kongsi Desa Sukadami Kecamatan Cikarang Selatan

Authors

  • Elfani Amalia Studi Agama-agama, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurjen Yusyari Taawuf Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Widyanto Naufal Mahdy Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Agama, ekspresi agama, islam

Abstract

Agama sebagai pedoman hidup manusia yang diciptakan oleh Tuhan, dalam menjalani kehidupannya. Dalam beragama menjadi jalan sebagai suatu tuntunan kehidupan harus bisa mengahadapi realitas terhadap kebudayaan yang berbeda beda didalam masyarakat. Masyarakat bangsa kitapun memiliki banyak perbedaan dari segala segi dalam mengekspresikan untuk menjalankan agamanya yang menjadi aturan suatu tuntunan sebagai manusia yang memiliki agama. Setiap perbuatan yang dilakukan manusia adalah suatu ekspresi keagamaan . mayoritas negara kita indonesia ini adalah agama islam yang dimana orang muslim dalam menjalankan kegiatan ibadahnya sesuai dengan tuntunan dan kebiasaan orang muslim. Begitupun di kampung serang kongsi desa sukadami masyarakatnya dalam mengekspresikan agamanya dengan melakukan rutinitas seperti anak-anaknya belajar mengaji, setiap malam jumat adanya yasinan berjamaah , dalam merayakan tahun baru islam dengan pengadaan memperingati muharam . semua ini dilakukan karena sebagai pengenalan mengenai agama islam itu terhadap anak- anak atau orang dewasa lainnya sebagai pegangan teguh pada dasar ajaran agama islam dengan begitu manusia lebih terarah dan akan terciptanya hubungan manusia dengan penciptanya.

References

Whitton, N. 2018. Playful learning: tools, techniques, and tactics. Research in Learning Technology, 2.

Fatiyah. 2017. Makna Ungkapan Pada Perayaan Muharram (Ritual Temu) Di Pulau Pajanekkang Kabupaten Pangkajenne Dalam Pendekatan Semiotika, Jurnal (Online), diakses 24 Jnauri 2018.

Rice, L. 2009. Playful learning. Journal for Education in the Built Environment, 4(2), 94-108

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Amalia, E. ., Yusyari, N. ., & Mahdy, W. N. . (2022). Ekspresi Keberagamaan Lingkungan Masyarakat Kampung Serang Kongsi Desa Sukadami Kecamatan Cikarang Selatan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(57), 84–96. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/931

Issue

Section

Articles