Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Umkm dan Pentingnya Branding Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Perekonomian di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Andianti Annaafi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Silvia Fathonah Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Pirhad Pridandi Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuludin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tasya Febriana Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nike Sartika Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan, UMKM, Branding

Abstract

Pandemi yang hingga kini belum usai menyebabkan banyak sektor menjadi terhambat salah satunya adalah kegiatan perekonomian masyarakat. Selain itu, dampak dari adanya pandemi ini menyebabkan sektor UMKM mengalami keterpurukan. Maka dari itu, tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu masyarakat meningkatkan perekonomian melalui pelatihan UMKM yang mendorong masyarakat untuk menciptakan produk baru dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya sebuah merek juga pengemasan agar dapat menarik minat konsumen. Adapun metode yang digunakan yaitu merujuk pada beberapa tahapan antara lain identifikasi masalah yang memuat alur kegiatan pengabdian, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan analisis program.  Hasil pengabdian menunjukkan masyarakat menjadi terinspirasi untuk menciptakan produk baru untuk dijual melalui offline maupun online dengan memanfaatkan media sosial, masyarakat menjadi paham tentang pemasaran produk dan pentingnya penggunaan merek bagi suatu produk dan masyarakat menjadi lebih paham dalam hal pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan suatu produk.

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis.

Syaeful Bakhri, V. F. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Loyalitas Sosial.

Nofianti, L. (2020, 06 16). Solusi UMKM di New Normal. Retrieved from uin-suska.ac.id: https://uin-suska.ac.id/2020/06/16/solusi-umkm-di-new-normal/

Putong, I. (2010). Economic PegantarMikro dan Makro. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ari Susanti, B. I. (2020). Strategi UKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat.

Prabowo, T. A., Masruroh, L., & Rosita, I. (2019). Pengembangan umkm melalui manajemen usaha di desa gondang. 39-43.

Rahmana, A. M. (2021). Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis Di Era New Normal Di Kota Bandung. AL-KHIDMAT .

Marlianah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Andianti Annaafi, Fathonah, S., Pridandi, P., Febriana , T. ., & Sartika , N. . (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Umkm dan Pentingnya Branding Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Perekonomian di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(57), 46–57. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/926

Issue

Section

Articles