Penggunaan Metode Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Anak di Masa Pandemi
Keywords:
Pendekatan Saintifik, Eksperimen, Anak, PembelajaranAbstract
Dalam situasi pandemi covid-19, pembelajaran secara daring menyebabkan
kebosanan pada anak sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman pada anak melalui
metode eksperimen dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian meliputi
30 anak yang berdomisili di RW.06 Desa Cilame. Hasil survey dan penelitian
didapatkan pemahaman belajar anak terhadap materi yang diberikan dengan
pendekatan saintifik sebesar 63,3% anak yang paham terhadap eksperimen
yang dilakukan.
References
Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di
indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113-123.
Tosepu, R., Gunawan, J., Savitri, D., Ode, L., Imran, A., Lestari, H., As, P. (2020). Science
of the Total Environment Correlation between weather and Covid-19 pandemic in
Jakarta , Indonesia. Science of the Total Environment, 725.
https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.20
138436
Wiyanto, W. (2017). Pendekatan saintifik pada perkuliahan dengan sistem elearning. Integralistik, 28(2), 217-229.
Yang, L., & Xu, M. (2020). Comparison of Prevalence and Associated Factors of Anxiety
and Depression Among People Affected by versus People Unaffected by
Quarantine During the COVID-19 Epidemic in Southwestern China. Medical
Science International Publishing, 1–12. https://doi.org/10.12659/MSM.924609
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.