Penggunaan Metode Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Anak di Masa Pandemi

Authors

  • Annisa Ridha Aulia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dikka Agung Dwisetyo UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nisrina Zulfa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizky Safarina Khorunisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Eksperimen, Anak, Pembelajaran

Abstract

Dalam situasi pandemi covid-19, pembelajaran secara daring menyebabkan
kebosanan pada anak sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman pada anak melalui
metode eksperimen dengan pendekatan saintifik. Subjek penelitian meliputi
30 anak yang berdomisili di RW.06 Desa Cilame. Hasil survey dan penelitian
didapatkan pemahaman belajar anak terhadap materi yang diberikan dengan
pendekatan saintifik sebesar 63,3% anak yang paham terhadap eksperimen
yang dilakukan.

References

Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di

indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113-123.

Tosepu, R., Gunawan, J., Savitri, D., Ode, L., Imran, A., Lestari, H., As, P. (2020). Science

of the Total Environment Correlation between weather and Covid-19 pandemic in

Jakarta , Indonesia. Science of the Total Environment, 725.

https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.20

138436

Wiyanto, W. (2017). Pendekatan saintifik pada perkuliahan dengan sistem elearning. Integralistik, 28(2), 217-229.

Yang, L., & Xu, M. (2020). Comparison of Prevalence and Associated Factors of Anxiety

and Depression Among People Affected by versus People Unaffected by

Quarantine During the COVID-19 Epidemic in Southwestern China. Medical

Science International Publishing, 1–12. https://doi.org/10.12659/MSM.924609

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Aulia, A. R. ., Dwisetyo, D. A. ., Zulfa, N. ., & Khorunisa, R. S. (2021). Penggunaan Metode Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Anak di Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(9), 29–33. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/92

Issue

Section

Articles