Menumbuhkan Minat Pembelajaran Bahasa Asing Melalui “Fun Language” Untuk Santri Hidayatu Shibyan Desa Maja Utara

Authors

  • Dewi Gita M Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Euis Nur H Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nina Nina Ilmu Hadits, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Fadhilah J Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ade Iwan Ridwanullah Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maulana Alief I Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,

Keywords:

pendidikan, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, anak usia dini

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 ini, pendidikan merupakan salah satu sektor yang perubahannya dapat terlihat cukup signifikan untuk dirasakan oleh semua pihak. Peralihan serta penyesuaian sistem pendidikan yang dilakukan tidak lain bertujuan untuk mencari solusi terbaik terlaksananya pendidikan saat ini. Pendidikan bahasa asing untuk anak usia dini seperti Bahasa Inggris dan Arab merupakan salah satu bagian dari pendidikan. Sayangnya, sekarang ini di beberapa daerah termasuk daerah pengabdian ini, pembelajaran bahasa belum dilakukan secara efektif. Metode dalam kegiatan pengabdian yang digunakan adalah Participation Action Research. Penerapan model ini dimulai dari refleksi sosial, perencanaan, hingga pelaksanaan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa minat belajar santri terhadap Bahasa Inggris dan Arab yang dikemas dalam program Fun Language kian tumbuh dengan diaplikasikannya metode-metode yang efektif. Keefektifan pengabdian ini dilihat dari diaplikasikannya apa yang sudah diajarkan dalam kegiatan sehari-hari santri juga dari evaluasi yang dikemas dalam kegiatan Ranking 1.

References

Fitriani, N. R., et al. “The Effectiveness of Ctl Model Guided Inquiri-Based in the Topic of Chemicals in Daily Life to Improve Students’ Learning Outcomes and Activeness.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 5, no. 2, State University of Semarang, 2016, pp. 278–83.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciotakan Model Inovasi Pembelajaran E-Learning. Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117-140

Rahmat, A dan Mirnawati. 2020. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal6(1): 62–71.

Ridwan. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodhat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raudhatul Athfal. Didaktika Journal Pendidikan.

Safu’ah, M. (2016). Efektivitas Penggunaan Metode Audio Lingual terhadap Kemamouan Muhadatsah Mahasiswa Ma’had Al-Birr Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6(2), 20–35.

Setiyadi, A.B. (2006). Teaching English as A Foreign Language. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zuhdy, H. (2017). Teknik Pengajran Kosakata Bahasa Arab.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Gita M, D. ., Nur H , E. ., Nina , N. ., Fadhilah J , N. ., Ridwanullah, A. I., & Alief I, M. . (2022). Menumbuhkan Minat Pembelajaran Bahasa Asing Melalui “Fun Language” Untuk Santri Hidayatu Shibyan Desa Maja Utara. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(50), 155–168. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/919

Issue

Section

Articles