Pembelajaran Agama Islam dengan Teknologi Augmented Reality untuk Kelompok Diniyah Anak

Authors

  • Doni Anggara Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Riza Muhammad Fahlevi Ilmu Hadits, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Teknologi, Augmented Reality, Pembelajaran, Anak, Madrasah

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk memperkenalkan Teknologi Augmented Reality sebagai metode pembelajaran alternatif yang bervariasi dan inovatif. Dengan fokus penelitian ini adalah pembelajaran agama islam untuk Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Huda yang berada di RW 11 Kampung Buntar Desa Jatisari Pembelajaran anak ialah upaya untuk menjadikan generasi selanjutnya menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya. Latar belakang anak-anak tersebut akan pemahaman dan pengetahuan mengenai teknologi masih kurang. Hal tersebut dikarenakan umur yang terlalu dini dan juga penggunaan jaringan internet yang sulit diakses, sehingga menimbulkan rasa acuh tak acuh terhadap perkembangan teknologi pada saat ini. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Teknologi Augmented Reality dapat menjadi pilihan untuk memudahkan proses belajar dan mampu merubah pemikiran orang tua bahwa Teknologi itu sangat penting bagi kehidupan kita saat ini. Karena dengan adanya Teknologi Augmented Reality terindikasi bahwa ada peningkatan motivasi, keingintahuan dan keaktifan belajar dari setiap peserta didik, yang didasari dengan adanya pemahaman tentang Augmented Reality itu sendiri. Teknologi Augmented Reality ini juga banyak variasinya seperti menghafal do’a-do’a harian, asma’ul husna dan huruf hijaiyah.

 

References

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

M.Hincaoie, d. (2021). An Introduction to Augmented Reality With Applications in Aeronautical Maintenance. ICTON.

Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 95-108.

Mustaqim Ilmawan, 2016 “Augmeted Reality Sebagai Media Pembelajaran” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan vol 13 no 2

M. Apriyani and R. Gustianto, “Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan Purbakala dengan Animasi 3D menggunakan Metode Single Marker”, INFOTEL, vol. 7, no. 1, pp. 47-52, May 2015.

Ardhianto, E., Hadikurniawati , W ., Winarno ,E., 2012, Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, No.2, Vol. 17, Hal 110-117.

Roedavan .Rickman. 2014. Unity Tutorial Game engine.Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Anggara, D. ., & Fahlevi , R. M. . (2022). Pembelajaran Agama Islam dengan Teknologi Augmented Reality untuk Kelompok Diniyah Anak. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(50), 77–89. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/913

Issue

Section

Articles