Pendekatan Psiko-sosial Dalam Meningkatkan Efektifitas Metode Baghdadiyyah dan Iqra di Madrasah Al-Istiqomah Desa Tanjungwangi

Authors

  • Fella Juwita Bimbingan dan Konseling Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  • Fikri Ali Husna Komunikasi dan Penyiaran Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Iftitah Al Zahra Studi Agama-Agama, Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indri Mistilasari Administrasi Publik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irfan Fauji Ilmu Hukum, Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deden Najmudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Al-Qur’an, Baghdadiyah, Iqra

Abstract

Cara umat Islam mempelajari Al-Qur'an juga berkembang pesat dan mengakar kuat di masyarakat. Perkembangan zaman saat ini berkembang dengan begitu cepat. Teknologi semakin hari semakin canggih. Mencari apapun bisa di internet, bahkan untuk belajar agama yang salah satunya adalah belajar membaca Al-Qur'an dan Iqra bisa di lakukan melalui internet dan aplikasi yang bisa di download di play store. Namun, ini berbeda dengan masyarakat di desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka, khususnya di madrasah Al-Istiqomah. Meskipun perkembangan zaman dan teknologi berada dalam taraf kemajuan, mereka tidak menerapkan kemajuan tersebut dalam mempelajari ilmu agama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qu’ran dengan baik serta lebih cepat dan mudah mengenal huruf hijaiyyah. Hasil dari penelitian ini adalah pengajaran di madrasah Al-Istiqomah menggunakan dua metode yaitu Baghdadiyyah dan Iqra, tetapi metode Baghdadiyyah lebih ditekankan untuk anak-anak santri agar lebih rinci dalam penghafalannya.

References

Azis, H. S. (2021, Maret 12). Perspektif Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Hubungannya dengan Agama. Diambil kembali dari IAIN PAREPARE: iainpare.ac.id

Azis, H. S., & Jufri, M. (2017). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AJARAN TAU LOTANG TERHADAP MASYARAKAT LOKAL WATTANG BACUKIKI KOTA PAREPARE: PENAFSIRAN KEAGAMAAN MULTIKULTURAL. KURIOSITAS, 11(02), 127-144.

Fikri, H. K. (2018). Agama dalam Eksistensi Pemahaman Tradisionalis Masyarakat Indonesia: Upaya Membedah Agama Perspektif Tradisional Ektrem dan Antisipasi Konflik Bermotif Agama. Sangkep, 1(01), 50-60.

Priarni, R. (2019). INTEGRASI NILAI-NILAI BUDAYA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Inspirasi, 3(01), 32-44.

Roszi, J. P., & Mutia. (2018). Akulturasi Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Keagamaan dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku-Perilaku Sosial. FOKUS, 3(02), 171-198.

Syifa, K. M. (2019, Desember 26). Nilai-Nilai Islam dalam Budaya dan Karifan Lokal Masyarakat Wahyu Kliyu. Retrieved from IAIN Surakarta: iain-surakarta.ac.id

Widyanti, T. (2015). PENERAPAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM BUDAYA MASYARAKAT KAMPUNG ADAT CIREUNDEU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS. JIPS, 24(2), 161-166.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Juwita, F., Husna, F. A. . ., Al Zahra, I. ., Mistilasari , I. ., Fauji, I., & Najmudin, D. (2022). Pendekatan Psiko-sosial Dalam Meningkatkan Efektifitas Metode Baghdadiyyah dan Iqra di Madrasah Al-Istiqomah Desa Tanjungwangi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(50), 1–12. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/905

Issue

Section

Articles