Pelatihan Membaca Puisi: Mengungkap Bakat dan Minat Literasi Anak Desa Sukamanah Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta

Penulis

  • Karina Handayani Majid Hukum Tata Negara, Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati
  • Amelia Pebriani Bahasa dan Sastra Arab, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati
  • Hamdan Ramadan Sejarah Peradaban Islam, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati
  • Rahman Firmansyah4 Teknik Informatika, Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati
  • Inne Marthyane Pratiwi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

pelatihan, puisi, sastra

Abstrak

Salah satu sasaran dari program kami dalam hal ini adalah anak-anak dengan rentang usia 8 hingga 15 tahun. Sebab hasil identifikasi kami menunjukkan rentannya daya eksplorasi anak di usia dini, serta minat bahkan daya kenal anak terhadap literasi cenderung minim. Teori yang kemudian menjadi objek kajian kami adalah teori ekplorasi bagi anak, dimana eksplorasi kemudian dapat memberikan kesempatan pada anak untuk melihat, memahami, merasakan, dan pada akhirnya membuat sesuatu yang menarik perhatian mereka. Disamping itu, pengabdian dengan metode ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, dalam hal ini terutama anak-anak atas potensi yang ada pada mereka hingga sekaligus bisa mengembangkannya. Setelah pelatihan membaca puisi ini dilalui oleh anak-anak kondisi mereka menunjukkan progresivitas yang signifikan, rasa percaya diri yang mulanya tidak timbul kini mulai terbentuk, bakat dan minat yang mulanya masih jauh terpendam, kini mulai dengan berani mereka kenali. Anak-anak yang kerap kali oleh beberapa warga masyarakat disepelekan ternyata mampu memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi terlebih dalam unjuk penampilannya diatas panggung, dihadapan banyak khalayak.

Referensi

Anwar, Chairul.2014. Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: SUKA Press.

Munandar dan Utami.2014.Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta: Rhineka Cipta

Rachmawati dan Kurniati.2017.Strategi Pengembangan Kreativitas Anak.Jakarta: Kencana Prenada Media

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Yeni rahmawati.2017.Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak.Jakarta: Kencana

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-puisi/

https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/ppm/article/download/206/155

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Majid, K. H. ., Pebriani, A. . ., Ramadan , H. ., Firmansyah4, R. ., & Pratiwi, I. M. . . . . . . (2022). Pelatihan Membaca Puisi: Mengungkap Bakat dan Minat Literasi Anak Desa Sukamanah Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(48), 152–163. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/904

Terbitan

Bagian

Articles