Pemberdayaan Potensi Wisata Danau Alam Lestari Pangauban

Authors

  • Dzatul Wida NH UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Evi Wardah Mardiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Reksa Maulana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizki M Ramdan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syalsa Aprilia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deden Sumpena UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Ekonomi, Pariwisata, Pemberdayaan, Pengembangan

Abstract

Pariwisata sebagai program yang terus digalakan oleh pemerintah Kabupaten Bandung serta menjadi salah satu yang dapat membangun ekonomi masyarakat tentu saja perlu kita perhatikan sebagai hal yang penting. Di Desa Pangauban terdapat objek wisata yaitu Danau Alam Lestari yang kurang terpelihara dengan baik oleh lembaga pengelola dan seluruh komponen masyarakat, sehingga perlu pemberdayaan ulang agar terjadi dampak positif baik berupa perbaikan kondisi lingkungan maupun kondisi ekonomi masyarakat. Proses pemberdayaan dilakukan dengan metode bakti sosial dan pembimbingan kepada masyarakat. Melalui berbagai tahap pembenahan dan pengelolaan Danau Alam Lestari oleh mahasiswa, program pemberdayaan ulang Danau Alam Lestari telah berhasil karena sudah layak dikunjungi kembali oleh wisatawan dan sudah berhasil menarik kembali wisatawan untuk datang ke Danau Alam Lestari.

References

Pengembangan Objek Wisata Air Panas di Desa Marobo, Kabupaten Bobonaro, Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 773-796.

Maulana, A. (2014). Strategi Pengembangan Wisata Spiritual di Kabupaten Bandung, Provinsi Bali. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 9 No.2, 119-143.

Rusiawan, W. (2021). Jurnal Kepariwisataan Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 15, 1-70.

Sahara, F. N., Iqbal, M., & Sanawiri, B. (2016). Analisis Motivasi Berkunjung Wisatawan dan Tingkat Pengetahuan Wisatawan Tentang Produk Industri Kreatif Sektor Kerajinan. Jurnal Administrasi Bisnis, 146-154.

Simanungkalit, V. b., Sari, D. A., Teguh, F., Ristanto, H., Permanasari, I. K., Widodo, S., . . . Vitriani, D. (2015). Buku Panduan Pengembangan Desa Wisata Hijau. Jakarta: Asisten Deputi Urusan Ketenagalistrikan dan Aneka Usaha Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia.

Dr. Saifuddin Yunus, Dr. Suadi, & Fadli, M.Si (2017). Aceh : Model Pemberdayaan Masyarakat Terpadu. Bandar Publishing.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2001), Hal. 854

M. Sholahuddin, Asas-Asas Ekonomi Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007), Hal. 3

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Wida NH , D. ., Wardah Mardiah, E. ., Maulana, R. ., Ramdan, R. M. ., Aprilia, S. ., & Sumpena, D. . (2022). Pemberdayaan Potensi Wisata Danau Alam Lestari Pangauban . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(55), 77–86. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/890

Issue

Section

Articles