Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Bagi Anak – Anak Dimasa Pandemi Covid-19

(Studi Kasus pada anak – anak di RT 01 RW 05 Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung)

Authors

  • Addauri Nuril Fitri Prodi Ilmu Al-Qur;an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anisa Azhara Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Kiki Dwiputra Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
  • Maulana Yoga Asthofa Prodi Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Diah Siti Sa;diah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

peran, kualitas pendidikan, anak – anak

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak – anak dalam mengikuti program kerja yang akan dilakukan selama Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) selama 3 minggu pada bulan Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksripsi dengan subjek penelitian yaitu anak – anak RT 01 RW 05 Kelurahan Pasir Biru Kota Bandung. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian yang akan dilakukan yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merupakan sebuah cara atau program belajar mengenai belajar melalui metode Game Based Learning yang berbasis pendidikan, yang membuat anak – anak RT 01 RW 05 Kelurahan Pasir Biru Kota Bandung ini memiliki kualitas pendidikan di masa pandemi covid-19. Dengan demikian cara membuntikannya yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan pada anak – anak, dalam hal ini mahasiswa sangat berperan dalam program kerja yang menjadi tujuan meningkatkan kualitas pendidikan anak – anak, jika mahasiswa dapat menjalankan program kerja serta peranan yang sangat baik maka hasil dalam penelitian ini dapat dijadikan contoh untuk orang tua kepada anak – anaknya dirumah.

 

References

Andina, A. (2020). Dampak Pandemi Covid- 19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikolog. 13(2).

Fridayanti, d. (2019). Model KKN SISDAMAS UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati.

Gestiana, R. A. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar .Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 2(1).

Hartini, R. (2020). Bantuan Sosial bagi Pekerja di Tengah Pandemi Covid-19: Sebuah Analisis Terhadap Kebijakan Sosial Pemerintah Jurnal Masalah - Masalah Sosial. 11(2).

Pratiwi, A. S. (2014). Pengembangan Media Game Digital Edukatif untuk Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Siswa Sekolah Menengah Pertama. LingTera, 1(2), 123 - 135.

Sopian, A. (2016). Tugas, peran dan fungsi guru dalam pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah. 1(1).

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Nuril Fitri, A., Azhara, A. ., Dwiputra, K. ., Yoga Asthofa, M., & Siti Sa;diah, D. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Bagi Anak – Anak Dimasa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus pada anak – anak di RT 01 RW 05 Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(49), 101–112. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/876

Issue

Section

Articles