Pemberdayaan Potensi Masyarakat Bidang Sosial Melalui Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Dusun Ciroda Desa Sodong hilir

Authors

  • Ajeng Nurlina Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khoiruddin Muchtar Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Potensi masyarakat, sosial, pendidikan

Abstract

Belum optimalnya potensi masyarakat di bidang sosial menjadi alasan peneleitian inni dilaksanakan. Berdasarkan kondisi objektif yang di temukan saat rempug warga, peserta KKN menemukan beberapa masala, namun yang menjadi fokus utama dalam kegiatan kuliah kerjja nyata tersebut yaitu dalam bidang sosial diantaranya kurang pedulinya masyarakat akan pentingnya pendidikan sejak dini,  hilangnya motivasi dan semangat belajar pada siswa MDT Al-Ikhlas dusn Ciroda. Kegiatan KKN DR dilakukan dengan metode parsitipatif dan aksi pada kelompok sasaran. Peserta KKN berperan aktif sebagai fasilitator dan pengarah kelompok sasaran untuk bersama-saama melakukan kegiatan yang telah direncanakaPenelitian ini bertujuan untuk mengaanalisis dan mengembangkan potensi masyarakat di bidang sosial melalui pendidkan. Penelitian ini diharapkan semua orang mampu memahami pentingnya akan pendidikan untuk kehidupan sekarang dan yang akan datang

References

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2). Diambil dari http://journal.upgris.ac.id/index.php /civis/article/view/591/541

Theresia, A. (2014). Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2015).

Pemberdayaan masyarakat dalam perspektif kebijakan publik. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Nurlina, A., & Muchtar, K. (2022). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Bidang Sosial Melalui Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Dusun Ciroda Desa Sodong hilir. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(46), 188–199. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/872

Issue

Section

Articles