Sosialisasi Penggunaan Kemasan dalam Meningkatkan Usaha Tembakau di Desa Tanjungwangi

Authors

  • Deden Najmudin Prodi Ahwal Syakhsiyah, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Annisa Puspa Pramudya Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heru Firdaus Prodi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilmi Rahadian Munawar Prodi Tasawuf Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mulyana Mulyana Prodi Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shelina Nurul Rahmah Prodi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kemasan, UMKM, Tembakau

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, namun di sisi lain dampak pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi dalam hal pendapatan dan juga produksi industri UMKM ini. Termasuk UMKM yang kami teliti mengalami kendala pada modal juga packaging (kemasan). Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan UMKM berdasarkan metode bisnis usaha dan pengaruh modal terhadap keuntungan UMKM Tembakau. Hasil penelitian kami, menunjukkan bahwa hal packaging (kemasan) sangatlah dibutuhkan oleh pengusaha UMKM Tembakau demi meningkatkan daya minat konsumen terhadap produk tersebut. Sehingga kami menuangkan gagasan berupa desain logo juga standing pouch sebagai pilihan packaging (kemasan)

References

Irrubai, L. Muhammad. (2015). Strategi Labeling, Packaging Dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, xiii,

Niode, Y. Idris. (2009). Sektor Umkm Di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOS – NOMOS, 2, 1 -2.

Noor, Idris HM. 2010. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 16, No. 3.

Pramiyanti. 2008.Studi Kelayakan Bisnis Untuk UMKM. Yogyakarta: Media Pressindo.

Susestyarsi, Th. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, vol. 4, no. 3.

Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8.

Downloads

Published

2022-02-03

How to Cite

Najmudin, D., Pramudya, A. P., Firdaus, H., Munawar, H. R., Mulyana, M., & Rahmah, S. N. (2022). Sosialisasi Penggunaan Kemasan dalam Meningkatkan Usaha Tembakau di Desa Tanjungwangi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(46), 122–131. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/863

Issue

Section

Articles