Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Melaksanakan Protokol Kesehatan Menggunakan Media Poster

Authors

  • Dini Siti Rukmini Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alifia Sekaranti Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rita Nur Asifah Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hamdika Hidayat Muslim Program Studi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fahmi Reksa A Program Studi Hukum Keluarga, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

Covis-19, Pengabdian, Poster

Abstract

Coronovirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan penyakit menular yang perkembangannya sangat cepat dan menjadi wabah di beberapa negara termasuk di Indonesia. menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu cara untuk menekan penyebaran Covid-19. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dengan memberikan edukasi tentang Covid-19 dan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Pengabdian ini dilakukan dengan metodologi yang terdiri dari 4 tahapan, yang pertama refleksi sosial, yang kedua pemetaan sosial, yang ketiga perencanaan partisipatif dan yang keempat  adalah pelaksanaan program dan Monitoring Evaluasi. Adapun program yang telah kami lakukan yaitu berupa penyuluhan kepada masyarakat kampung Babakan jwa, Desa Bojong Loa . Kecamatan Rancaekek  Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat, mengenai Covid-19 dan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam mencegah covid-19 yang dikemas dalam bentuk media poster dan pembagian masker kepada masyarakat. kegiatan Ini dilakukan dalam rangka membantu pemerintah secara tidak langsung dalam menangani lonjakan  kasus covid-19 terkhusus di kabupaten Bandung yang tak kunjung turun jumlah korban yang terjangkitnya. Salah satu cara utamanya adalah dengan menerapkan perilaku hidup disiplin. Hasil dari pengabdian yang di lakukan ini terjadi peningkatan pengetahuan, keterampilan serta sikap masyarakat akan Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan ke progress yang lebih baik. hal ini dapat dilihat berdasarkan data yang diperoleh, yaitu dari 9 pernyataan kategori sangat tinggi berjumlah 5, kategori tinggi berjumlah 3 dan hanya satu kategori yang berada pada kategori cukup rendah.

References

Ahyar, A. K. dan J. (2020). Pengaruh physical distancing dan social distancing terhadap kesehatan dalam pendekatan linguistik. Syntax Transformation, 21(1), 1–9.

Firdayanti, F. , Al Kautzar, A. M.*, Taherong, F. ,Andryani, A. Y., Saleha, S. & A. Dian Diarfah. (2020). Pencegahan Covid-19 melalui pembagian masker di Kelurahan Romang Polong Kabupaten Gowa. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis 2 (1) 53-57.

Kartikasari, D. & Kurniawati, T. (2020). Kesiagaan Covid 19 dengan memberikan penyuluhan tentang cuci tangan dan pembagian masker kepada masyarakat di Pasar Batang Kabupaten Batang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks. 6 (2), 63- 66.

Natalia, R. N., Malinti, E., & Elon, Y. (2020). Kesiapsiagaan Remaja Dalam Menghadapi Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(2020).

Notoatmodjo S (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Nur Rohim Yunus, A. R. (2020). Konsep Tafakkur Dalam Alquran Dalam Menyikapi Coronavirus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya SyarI, 7(3).

Sunaryo, 2014. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGEC.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 59–70.

Wahyuni, W & Siti F,. 2020. Peningkatan Pengetahuan PBHS dan Penerapan cuci tangan dalam upaya pencegahan Covid- 19 pda santri di lingkungan pondok pesantren. Jurnal Kepada Pengabdian Masyarakat 1.

Yanti NPED, Nugrah ADP, Wisnawa GA, Agustina NPD, Diantari NPA. Gambaran Pengetahuan masyarakat tentang covid- 19 dan perilaku masyarakat di masa Pandemi Covid-19. J keperawatan Jiwa. 2020;8(3);491-504.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Rukmini, D. S., Sekaranti, A., Asifah, R. N., Muslim, H. H., & A, M. F. R. (2022). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Melaksanakan Protokol Kesehatan Menggunakan Media Poster. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(53). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/835

Issue

Section

Articles