Upaya Peningkatan Pendidikan Karakter Remaja Melalui Film Berbasis Agama Islam

Authors

  • Anita Agustina Program Studi Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhea Widya Trigianti Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dinda Nur Aini Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Madya Amilza Ica Program studi ilmu komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Film, Remaja, Pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan karakter pada remaja tentunya diperlukan tidak hanya di sekolah, tetapi dilingkungan sosialpun diperlukan. Semakin berkembangnya zaman, sering terdengar fenomena kenakalan remaja, ini ditandai dengan lemahnya pendidikan karakter, penduduk di Desa Jatiendah memiliki remaja yang cukup banyak, melihat fenomena pendidikan karakter yang lemah, memunculkan kekhawatiran mengenai pendidikan karakter yang buruk. Maka dari itu diperlukannya strategi yang efektif dalam proses penyampaian pesan moralitas kepada remaja agar memiliki karakter, perilaku yang baik, dan mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menambah wawasan, serta melalui film pesan– pesan dan nilai – nilai positif yang terkandung diharapkan dapat tersampaikan dan diimplementasikan dalam kehidupan para remaja di Desa Jatiendah, membentuk pribadi berkarakter unggul dan menjadi generasi penerus yang berkarakter baik, juga sebagai bentuk upaya preventif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode participation action research (PAR) yang mengarahkan peneliti untuk terhubung dengan masyarakat dalam menciptakan kondisi yang diharapkan melalui partisipasi warga secara aktif. Melalui menonton film bersama terutama film berbasis agama Islam yang sarat makna serta nilai-nilai yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai moralitas yang dapat membentuk karakter remaja melalui media film serta dapat menunjukan respon positif dari para remaja yang mana menyadari pentingnya pendidikan karakter juga mampu mengambil makna dan nilai dari film tersebut.

References

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. 2020. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(1): 62–71.

Ainiyah, N. (2013, Juni). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al- Ulum (Jurnal Studi-Studi Islam) IAIN Gorontalo, 13(1).

Arifuddin, A. F. (2017, Desember). Film Sebagai Media Dakwah Islam. JURNAL AQLAM Journal of Islam and Plurality, 2(2).

Ashifana, Z. (2019). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi "Bilal: A New Breed of Hero". Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Kosim, M. (2011, April). Urgensi Pendidikan Karakter. KARSA, IXI(1).

Omeri, N. (2015, Juli). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).

Ridwan. (2018, Juli-Desember). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Media Film Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang. Jurnal Studi Pendidikan AL-ISHLAH, XVI(2).

Rusydi, F., & Firdaus, S. (2016, Agustus). Pesan Dakwah K.H. Hasyim Asy'ari Pada Film Sang Kiai. El-Hikmah, VIII(3).

Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma'mur, T. (2017). Penerapan media film sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan mengolah informasi siswa

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Agustina, A., Trigianti, D. W. ., Aini, D. N., & Ica, M. A. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Karakter Remaja Melalui Film Berbasis Agama Islam. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(53). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/829

Issue

Section

Articles