Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran di Desa Cibaregbeg

Authors

  • Nurasiah Jamil UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rojudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Dampak Covid, Pembelajaran, Motivasi

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan-perubahan besar hampir diseluruh aspek kehidupan salah satunya pada sistem pendidikan. Perubahan sistem pendidikan menyebabkan para siswa menjadi sulit untuk menerima materi, terlebih bagi siswa Kanak- kanak di MDTA Al-Huda karena pembelajaran yang biasanya dilakukan secara konvensional berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau dilakukan secara daring, yang pelaksanaannya tidak dapat terlepas dari teknologi, banyak orangtua yang mengeluh adanya pembelajaran online. Karena tidak semua orang tua mempunyai handphone yang canggih untuk bisa melakukan pembelajaran secara online dan juga tidak semua orang tua ataupun anak paham betul dengan pengunakan teknologi dizaman sekarang. yang menjadi hambatan apabila tinggal ditempat pelosok karena tidak ada sinyal untuk mendukung pembelajaran secara online. Metode pengabdian ini menggunakan Participation Action Research. Hasil pengabdian menunjukan bahwa keberhasilan dapat dicapai dengan memotivasi warga Cibaregbeg terkhusus anak sekolah MDTA Al-Huda untuk tidak hilang semanagat dalam hal menimba Ilmu.

References

Darmalaksana, W. (21). Model Pendamping Lanjut Usia Penyintas Covid-19. 2.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan , 56.

Firman. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. 15.

Kartika, D. (2020). Pendampingan Belajar Oleh Mahasiswa KKN UNES menjadi solusi di era pandemi. 2.

Kebudayaan, K. P. (2003). Undang- Undang no.20 tentang sistem pendidikan nasional (sisdiknas) dan penjelasannya.

Muhdi, M. (2021). Kefektifan Kebijakan E-Learning berbasis sosial media pada paud di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 212-228.

Prasetyo, I. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 633.

Purwanti. (2013). Peningkata kemampuan berhitung melalui permainan balok angka pada anak kelompok B di Tk Universal ananda Kecamatanpatebon kendal. Jurnal Pendidikan, 41-42.

Salsabila, U. H. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Dimasa Pademi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 189.

Suni, A. N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19.

Wekke, I. S. (2020). Pembelajaran dimasa pandemi tidak hanya metode daring saja.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Jamil, N. ., & Rojudin. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran di Desa Cibaregbeg. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(52), 123–134. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/815

Issue

Section

Articles