Pengembangan Kecerdasan Spiritual Pada Anak Di Madrasah Asy-Syifa Desa Hanjuang

Authors

  • Widia Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Imam Ghozali Budi Harjo UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Anak, Kecerdasan, Perkembangan, Spiritual

Abstract

Di zaman modern ini nilai moral pada anak-anak bisa dikatakan sangatlah kurang beradab. Dari mulai melawan orang tua, bolos, bullying, genk motor dll. Permasalahan tersebut bisa di lihat dari kecerdasannya, baik itu kecerdasan IQ, EQ, dan SQ. Akan tetapi dari ketiga kecerdasan tersebut yang akan kami teliti adalh menggunakan kecerdasan spiritual atau SQ. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui sampai dimana perkembangan kecerdasan spiritual pada anak di madrasah Asy-Syifa kampung Cikawung. Metode pengabdian yang di gunakan yaitu dengan melihat proses anak-anak pada saat mengaji. Dan hasil yang telah di dapat dari penelitian tersebut adalah bahwa anak yang baik dalam kecerdasan spiritualnya adalah anak-anak yang bisa dilihat akhlaknya memang baik. Dan begitupun anak-anak yang kurang baik dalam akhlaknya kecerdasan spiritualnyapun kecil.

References

Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi Dan Interfensi Dini Tumbuh Kembang Anak. (jakarta Departemen Kesehatan Republik Indonesia 2005).

Sukidi, Rahasia Sukses Hidup Bahagia Kecerdasan Spiritual Mengapa SQ Lebih Penting dari pada IQ dan EQ, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Rakhmat, Jalaluddin, SQ for Kids: Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini, Bandung: Mizan, 2007.

http://repository.iainpurwokerto.ac.id/8771/1/Rizqi%20Khullida_Metode%20Pengembangan%20Kecerdasan%20Spiritual%20Anak%20Usia%20Dini.pdf , diambil pada tanggal 03 September 2021.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Widia, & Harjo, I. G. B. (2022). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Pada Anak Di Madrasah Asy-Syifa Desa Hanjuang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(47). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/783

Issue

Section

Articles