Upaya Peningkatan Literasi Masyarakat Kampung Sekeangkrih Melalui Pengadaan Ruang Cerita

Penulis

  • Isna Nurfajriah 1Program Studi Ilmu Komunikasi Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fariz Yusran rogram Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aisyah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aiman Muhammad Awwaluddin Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan GUnung Djati Bandung
  • Yulia Ismayanti Khoerujannnah program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farhan Jamiludin Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Astri Yuliawati Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kinerja, Membaca, Motivasi kerja

Abstrak

Penelitian ini berisi tentang rendahnya minat membaca di salah satu Desa di Kabupaten Bandung, tepatnya di Kampung Seke Angkrih, Desa Cileunyi Wetan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkan minat membaca terhadap masyarakat di kampung Seke Angkrih. Salah satu solusi yang diberikan kepada masyarakat Kampung Seke Angkrih adalah dengan pendirian “Ruang Cerita”. Metode penelitian menggunakan metode mengadopsi empat siklus KKN Sisdamas. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi. Subyek penelitian ini meliputi ketua yayasan, dan 19 anggota KKN 104, sedangkan informan meliputi 20 IRMABA (Ikatan Remaja Mesjid Al-Barokah). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan interactive model. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pelaksanaan Program yang paling Utama yaitu membangun Perpustakaan desa atau disebut juga Taman baca. 2.) Tim kelompok KKN 104 menggandeng IRMABA (Ikatan Remaja Mesjid Al-Barokah) untuk merealisasikan konsep Taman baca dan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Hasil penelitian ini diharapkan bisa  untuk meningkatkan minat baca, science literacy serta keterampilan berpikir guna menghadapi tantangan di masa depan.

Referensi

Admin.2012. pengertian-tujuan-fungsi-dan tugas-taman-bacaan-masyarakat-tbm (http://www.pustakaindonesia.org .dikases pada 8 Maret 2013)

Budi Wijaya, Arif. 1979. Pedoman Pembinaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Direktorat Pendidikan Masyarakat, 2005. Pedoman pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM): Jakar

Guntur, Henry T. 2005. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutarno NS. 2006. Membangun Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Pikiran Rakyat. (2013). Kunjungan Ke Peroustakaan Masih Sangat Rendah. [Online].Tersedia di http://www.pikiran-rakyat.com/jawa- barat/2013/10/21/255680/kujungan-ke-perpustakaan-masih-sangat-rendah Diakses pada tanggal 4 September 2021.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Jurnal Akrab Aksara Agar Berdaya Membangun Budaya Literasi Volume VII Edisi 1. Jakarta: Kemendikbud

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Nurfajriah, I., Yusran, F., Aisyah, Awwaluddin, A. M., Khoerujannnah, Y. I. ., Jamiludin, F. ., & Yuliawati, A. (2022). Upaya Peningkatan Literasi Masyarakat Kampung Sekeangkrih Melalui Pengadaan Ruang Cerita. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(47). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/782

Terbitan

Bagian

Articles