Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Edukasi Kesehatan di Rw 03 Desa Langonsari

Authors

  • Rini Sulastri Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Deden Adrian Nurbiansyah Jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khofifah Alawiah Manajemen, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syifa Avifah Zahra Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bersih, Edukasi, Kesehatan

Abstract

Upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19 terus dilakukan pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Salah satu strategi untuk memutus rantai penyebaran virus ini adalah dengan memberikan pemahaman serta menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih. Pengabdian dilaksanakan di RW 03, Desa Langonsari, Kecamatan Pameungpeuk. Lokasi ini merupakan kawasan padat penduduk, sehingga memberikan pemahaman tentang pentingnya menerapkan pola hidup bersih dirasa sangat penting, terlebih penerapan protokol kesehatan di lokasi ini masih kurang. Metode pengabdian yang dilaksanakan adalah dengan (1) Mengedukasi masyarakat mengenai pola hidup bersih, (2) praktek cuci tangan dan gosok gigi kepada anak-anak SD, (3) pembagian masker, dan (4) pembuatan tempat cuci tangan. Hasil pengabdian menunjukan bertambahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan pada masa pandemi Covid-19 yang ditandai dengan peningkatan kesadaran pentingnya memakai masker, serta anak-anak dapat memahami cara mencuci tangan dan gosok gigi dengan baik dan benar.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Sulastri, R. ., Adrian Nurbiansyah, D. ., Alawiah, K. ., & Avifah Zahra, S. . (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Edukasi Kesehatan di Rw 03 Desa Langonsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(45), 148–160. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/770

Issue

Section

Articles