Penerapan Metode Blended Learning Di Desa Sindangasih

Authors

  • Ridwan Rustandi Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahmi Tasya Rubianti Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab & Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Daring, Metode efektif, Pembelajaran

Abstract

Peningkatan jumlah kasus virus corona terus menerus meningkat. Masih banyak sekolah-sekolah yang memutuskan untuk melakukan pembelajaran daring. Proses pembelajaran daring agaknya menyebabkan interaksi sosial antara tenaga pengajar dan murid tidak maksimal, sehingga materi yang diberikan pun cenderung tidak dapat dipahami bahkan dipraktikan oleh para murid. Metode-metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran daring di antaranya yaitu dengan menggunakan video conference (sinkronous) serta pemanfaatan media-media digital yang bersifat akademis. Berdasarkan hal tersebut, maka dibentuklah program penanaman metode efektif selama pembelajaran daring di Desa Sindangasih, metode yang diterapkan dalam program ini yaitu metode Blended Learning. Kegiatan ini bertujuan agar siswa dan tenaga pengajar tidak merasa bosan dalam menjalankan pembelajaran daring. Kegiatan ini memiliki beberapa langkah, yaitu refleksi sosial, perencanaan partisipatif, serta pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah tenaga pengajar memiliki pengetahuan dan pemahaman baru mengenai metode-metode efektif yang dapat diterapkan di pembelajaran daring; tenaga pengajar memiliki keterampilan dalam merancang metode-metode yang akan diterapkan terhadap murid-murid, agar kelas tidak terasa membosankan; tenaga pengajar mampu mengoperasikan media-media digital yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran daring; terpilihnya media serta metode yang dirasa efektif dalam melakukan pembelajaran daring.

References

Aulia, E., Farhan, F., Lisa, N., & Nurun, R. (2020). KEKALAHAN INDONESIA DALAM PERANG PANDEMI COVID-19. academia.edu, 1-11.

Didin, F., Mardiono, I., & Yanuarso, H. (2020). Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort. Jurnal Opsi, 13(1), 49-60.

Djamarah, S., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172.

Fahmi, M. (2020). Pembelajaran Sinkronous dan Ansinkronous. Jurnal Nomosleca, 6(4), 146-158.

Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi Covid-19 pada jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP SUBANG, 6(1), 1-9.

Narayana, I. (2016). Analisis terhadap hasil penggunaan metode pembelajaran synchronous dan asynchronous. Semnasteknomedia Online, 4(1), 139-144.

Netting, F., Petter, M., & L, S. (2017). Social Work Macro Practice (Connecting Core Competencies) 6th Edition. Michigan: Western Michigan University.

Oktavian, R., & Aldya, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135.

Pujiasih, E. (2020). Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42-48.

Pupuh, F., & Sobry, M. (2010). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Rustandi, R. ., & Tasya Rubianti, R. . (2022). Penerapan Metode Blended Learning Di Desa Sindangasih. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(45), 134–147. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/768

Issue

Section

Articles