Analisis dan Solusi Permasalahan Pendidikan-Sosial Masyarakat Desa Cileles

Authors

  • Eka Wulansari Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung
  • Yuyun Yuningsih Prodi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung

Keywords:

Pendidikan, Sosial, Masyarakat

Abstract

Sesuai dengan landasan yudiris pengabdian kepada masyarakat, landasan sosiologis serta filosofis KKN DR Sisdamas (Kuliah Kerja Nyata dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat) (Tim Ahli KKN DR, 2021), maka menjadi kewajiban seorang mahasiswa untuk melaksanakan tugasnya mengabdi kepada masyarakat. Tujuan dari KKN DR Sisdamas ini ialah wujud implementasi dari apa yang telah didapat oleh mahasiswa pada masa perkuliahannya namun dibatasi oleh perubahan sosial akibat pandemi. Metode KKN DR yang digunakan ialah mencampurkan metode penelitian dengan pengabdian kepada masyarakat, dimana penulis ikut serta dalam kegiatan masyarakat untuk melihat dan merasakan secara langsung permasalahan, potensi dan yang dikebutuhan oleh masyarakat untuk dicarikan solusinya. Program yang dibuat menurut hasil refleksi sosial meliputi: Program Sekolah Alternatif, Program Mengajar Ngaji di MDA, Program Vaksinasi, dan Program Pembagian Tempat Sampah.

References

Aldilawati, S., & Hidayat, R. (2021). Edukasi Vaksinasi Covid-19 dan Penerapan 5M Dalam Menangguulangi Penularan Covid-19 di Desa Borisallo Kabupaten Gowa. Idea Pengabdian Masyarakat, II(01), 1-6.

Aziz, R. (2021). Tahapan KKN DR Sisdamas 2021. Bandung.

Casmini. (2020). Orientasi Keberagamaan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. (Irsyadunnas, Ed.) Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.

Darmalaksana, W. (2021). Model Pendampingan Lanjut Usia Penyintas Covid-19. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-8.

Qodim, Husnul dkk. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas): Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung: Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Wulansari, E., & Yuningsih, Y. . (2022). Analisis dan Solusi Permasalahan Pendidikan-Sosial Masyarakat Desa Cileles. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(45), 77–83. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/761

Issue

Section

Articles