Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Kebersamaan Melalui Program Kemasyarakatan Di Babakan Rongga

Penulis

  • Andhika Raihan Rizky Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Gian Maulana Akmal Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Gita Indah Prawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ikmal Kurnia Rizki Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Muhammad Abduh Algifari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Z. Mutaqin Mutaqin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Kesadaran masyarakat], kebersamaan, KKN-DR

Abstrak

Kesadaran masyarakat akan kebersamaan dalam suatu lingkungan menggambarkan harapan perkembangan di dalam ruang lingkup kehidupan masyarakat tersebut, hal ini dikarenakan kunci dalam menimbulkan perkembangan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat dimulai dari titik kesadaran mengenai faktor-faktor yang harus dirubah, memahami faktor-faktor ini dapat menjadikan suatu individu atau kelompok mencari solusi atas problematika yang mereka hadapi. Melalui observasi, peneliti melihat masalah dalam kebersamaan dan kerjasama di Kampung Babakan Rongga, tidak adanya musyawarah warga dan organisasi kepemudaan yang vacuum menjadi hambatan terciptanya integrasi di masyarakat. Kerjasama, integrasi, dan juga gotong royong adalah solusi yang efektif untuk membangun kesadaran masyarakat secara kolektif, esensi kebersamaan yang menjadi faktor solusi dalam membangun masyarakat terintegrasi adalah adanya musyawarah sebagai medium usul, pendapat, dan juga pemaparan masalah yang disampaikan dan didiskusikan oleh masyarakat itu sendiri. Melalui program pengabdian KKN-DR, diharapkan pengabdian dari kelompok KKN-DR 164 dapat membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya integrasi sebagai kunci dari perkembangan, melalui program kemasyarakatan, masyarakat diharapkan sadar mengenai pentingnya kerja sama sebagai langkah pertama dari perkembangan.

Referensi

Edi Suharto, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat

Harry Hukmat, Strategi Pemberdayaan Masyarakat & JPS, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum)

http://belajarpendidikanpkn.blogspot.com/2017/07/pengertian-kemasyarakatan.html

https://repository.metrouniv.ac.id/

https://tirto.id/definisi-masyarakat-menurut-para-ahli-serta-ciri-unsur-unsurnya-gbbv

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016/06/10-pengertian-program-menurut-para- ahli-lengkap.html

Koentjaningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta : Gramedia. 1986)

Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung, 2020, Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdasmas) Masa Wabah Covid 19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-27

Cara Mengutip

Rizky , A. R. . ., Akmal, G. M., Prawati , G. I. ., Rizki, I. K. ., Algifari , M. A. ., & Mutaqin, Z. M. (2021). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Kebersamaan Melalui Program Kemasyarakatan Di Babakan Rongga. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(4), 17–24. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/750

Terbitan

Bagian

Articles