KKN-DR Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat RW.02 dan RW.11 Pasirbiru di Era Covid-19

Authors

  • Irvan Fadillah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Yuliani Yuliani Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Belajar Mangajar, Covid-19, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Dengan adanya Pandemi Covid-19 yang terjadi pada saat ini, membawa era baru pada berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Dan pandemi covid-19 juga membuat setiap pergerakan sosial menjadi sangat terbatas. Hal ini yang menjadi hambatan tersendiri yang berdampak pada segala aspek kehidupan salah satunya bidang pendidikan. Berbagai metode atau cara yang dilakukan oleh setiap instansi untuk dapat terlaksananya program belajar mengajar, akan tetapi seringkali tidak sesuai dengan kemampuan siswa dan orang tuanya. Oleh karena itu, penulis melakukan suatu pemberdayaan masyarakat dalam program belajar mengajar yang dikemas berdasarkan kondisi dan kebutuhan dari para siswa yang ada di RW. 02 dan RW. 11 Pasirbiru. Tujuan dari adanya pengabdian ini yaitu mendampingi dan membantu terselenggaranya program kerja yang telah ditetapkan oleh berbagai pihak, seperti pihak DKM Masjid Al-Barokah dan guru MI Ar-Rosidiyah. Tidak hanya itu, tujuan dari adanya pengabdian ini juga yaitu berdaya bersama masyarakat pasirbiru memalui wadah pengajaran kepada anak-anak. Adapun hasil dari adanya pengabdian ini yaitu melatih kemampuan terhadap pengetahuan dan wawasan para siswa serta membantu memberi penambahan materi yang jelas terhadap tugas sekolah para siswa.

References

Arifin, E. Zaenal., Tasai Amran, S. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia: Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: AKADEMIKA PRESSINDO.

Denffer, Ahmad von. 1998. Ilmu Al-Qur’an: Pengenalan Dasar, Terj. Ahmad Nashir Budiman. Jakarta: Rajawali.

https://www.kompasiana.com/yoshyhendrahar diyansyah20247/6110ba6106310e6949 028f54/kkn-dr-sisdamas-uin-sunan- gunung-djati-bandung-2021-kegiatan- pembukaan-kkn-dr-regional-pasir-biru

Kurniawan, Drs. H. Khaerudin, M.Pd. 2012. Bahasa Indonesia Keilmuan: Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rahman, Ahmad Syaeful, M.Pd. 2018. Bahasa Indonesia Akademik: Melatih Hard Skills hingga Soft Skills. Bandung: MANGGU MAKMUR TANJUNG LESTARI.

Shihab, M. Quraish. 2001. Sejarah dan Ulum Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Tim Penulis, K. U. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra dengan Satgas Covid-19. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati BANDUNG.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Fadillah, I., & Yuliani, Y. (2022). KKN-DR Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat RW.02 dan RW.11 Pasirbiru di Era Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(4), 120–135. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/730

Issue

Section

Articles