Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classsroom dan Google Formulir di SDN Lemahmulya II
Keywords:
Google Classroom, Google Form, PelatihanAbstract
Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Google Classroom dan Google Form dilakukan bertujuan untuk meningkatkan soft skill tenaga pendidik dalam mengembangkan kompetensi guru sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Lokasi pelatihan ini yaitu di SDN Lemahmulya II. Hasil dari pelatihan antara lain: penyampaian materi dari tim pengabdi kepada peserta pelatihan (guru SD) terkait penggunaan aplikasi google classroom dan google form sebagai media pembelajaran online pada masa pandemi. Para peserta begitu antusias dalam kegiatan tersebut. Output atau benefit yang didapatkan peserta yaitu sebuah desain produk google form dan kelas online pada google classroom untuk melaksanakan pembelajaran online. Adapun kendala yang ditemukan pengabdi yaitu minimnya penguasaan sebagian peserta dalam mengoperasikan komputer, namun hal itu bisa diatasi oleh tim pengabdi melalui pengarahan secara langsung
References
Aji, Rizqon Halal Syah. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan Dan Proses Pembelajaran.” Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Amalia, Andina, and Nurus Sa’adah. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia 1,2.” Jurnal Psikologi 13(2):214–25.
Andiani, Weni, and Happy Fitria. 2021. “Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sd Negeri 103 Palembang.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 172–81.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Atikah, Rini, Rani Titik Prihatin, Herni Hernayati, and Jajang Misbah. 2021. “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Petik 7(1):7–18.
Batubara, Hamdan Husein, and Dessy Noor Ariani. 2016. “Workshop Penggunaan Google Form Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Dosen-Dosen Fakultas Studi Islam.” Jurnal Al-Ikhlas 2(1):39–44.
Daryanto, D. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Mahardini, Maya Mahitsa Agung. 2020. “Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Fisika.” Jurnal Pendidikan Fisika VIII(20):215–24.
Masram, Ika Purwanti, Ninik Sulistyoningsih, Ella Hindun Faal Cholaniyah, and Siti Musarofah. 2020. “Pelatihan Penggunaan Google Classroom Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Bagi Guru.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage 1(2):117–21.
Nafrin, Irinna Aulia, and Hudaidah. 2021. “Perkembangan Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):456–62.
Ngafifah, Siti. 2020. “Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di Sd It Baitul Muslim Way Jepara.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 9(2):123–44. doi: 10.51226/assalam.v9i2.186.
Rohmah, Nurruli Fatur. 2018. “Pelatihan Manusia Dan Pengembangan Sumber Daya.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1):1–11.
Sridana, Nyoman, Sudirman Wilian, and Dadi Setiadi. 2018. “Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Satuan Pendidikan Menengah (SMA).” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 1(1). doi: 10.29303/jpmpi.v1i1.212.
Wulandari, Pitri, Maswani, and Husnul Khotimah. 2019. “Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Di SMAN 2 Kota Tangerang.” E-Jurnal Untirta 2(1):421–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ismatul Kholilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.