Peran Mahasiswa Dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Melalui Potensi Masyarakat Desa Neglasari Sukabumi

Authors

  • Firda Merlianda Almaula Dina Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Eneng Nuraeni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Mahasiswa, Nasionalisme, Masyarakat

Abstract

Mahasiswa sebagai agen gerakan perubahan menjadi sorotan utama dalam eksistensinya di masyarakat. Peranannya dalam membangun jiwa nasionalisme terhadap potensi yang dimiliki ikut memberikan dampaknya dari setiap kegiatan maupun gerakan yang dilakukan kepada masyarakat. Untuk itu, metode bahasan pada tulisan ini berupa metode pengabdian yang terdiri dari tiga tahapan siklus, yaitu : Refleksi sosial  atau Social Reflection, Perencanaan partisipatif atau Participation Planning plus sinergi program, dan Pelaksanaan program atau Action Programm. Dalam mengindentifikasi masalah yang terjadi di Kp Citiwuan, RT 13/05, Dusun Cipicung, Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi ditemukan beberapa masalah yang menjadi poin-poin penting dalam penelitian ini. Pertama, masalah pendidikan. Kedua, kurangnya integritas masyarakat terhadap para pemuda. Ketiga, kurangnya ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia para pemuda dalam mengelola daerah tersebut. Keempat, kurangnya kesadaran nasional dalam membangun daerahnya sendiri sehingga tidak ada organisasi atau semacamnya yang dalam mengelola wilayah tersebut. Maka dari itu, peran mahasiswa dalam mengatasi permasalahan tersebut dilakukan beberapa program, yaitu : menumbuhkan kesadaran nasionalisme terhadap para pemuda dengan mengadakan perkumpulan serta membentuk organisasi kepemudaan, meningkatkan produktivitas daerah yang berpotensi dalam pembangunan desa, membuka ruang-ruang literasi untuk meningkatkan sumber daya manusia serta membuka peluang pariwisata di daerah tersebut.

References

Abdullah, T. (1985). Islam Dalam Sejarah Nasional. Panji Masyarakat No.440, Hal.22.

Dina, F. M. (1 September 2021, Pukul.10:49). Peran Mahasiswa Dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Terhadap Potensi Masyarakat Desa Neglasari Sukabumi. Hasil Wawancara Pribadi.

Husnul Qadim, d. (2021). Petunjuk Teknik Kuliah Kerja Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR SISDAMAS) : Pengabdian Di Masa Pandemi Bermitra Dengan Satgas Covid-19 . Bandung: Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat LP2M UIN Sunan GunUNG Djati Bandung .

Irhandayaningsih, A. (2020). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Global. Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, 1-9.

Murdjijo, G. (2012, September). Metoda Pengabdian Masyarakat. Pelatihan Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. https://www.slideshare.net/FitriRiyanto/metoda-pengabdian-pada-masyarakat-pak-gatot1.

Ni Kadek Widyastuti, D. W. (2017). Pariwisata Spiritual : Daya Tarik Wisata Palasari Bali. Bali: Pustaka Larasan .

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146-156.

Sudiyo, d. (1997). Sejarah Pergerakan Nasional Di Indonesia : Dari Budi Utomo Sampai Dengan Pengakuan Kedaulatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Museum Kebangkitan Nasional .

Suminto, A. (1985). Pan Islam Dan Kolonial Belanda Di Indonesia. Panji Masyarakat No.452, Hal.35.

Gatot Murdjijo, “Metoda Pengabdian Masyarakat”. Pelatihan Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat,2012, dalam https://www.slideshare.net/FitriRiyanto/metoda-pengabdian-pada-masyarakat-pak-gatot1, Akses Pada 10/09/2021, Pukul (21:43)

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Almaula Dina, F. M. ., & Nuraeni, E. . (2022). Peran Mahasiswa Dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Melalui Potensi Masyarakat Desa Neglasari Sukabumi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(4), 95–110. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/728

Issue

Section

Articles