Pengembangan Metode Pembelajaran Anak di Kampung Hegar Manah Rw 08 Desa Melati Wangi Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

Authors

  • Ahmad Baehaki UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khairunnisa Khairunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Assidiki UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Ashikin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Reyta Amalia Arfiadanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Witri Dalimah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Siti Khumaeroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hasan Mustapa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Metode, Belajar

Abstract

Peran Pendidikan selalu menjadi tombak utama bagi kemajuan peradaban manusia khususnya di Indonesia. Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, maka mutu Pendidikan perlu peningkatan dan pengembangan. Pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia saat ini, membuat pendidikan masih mempertahankan pembelajaran daring. Begitupun yang terjadi pada Kampung Hegarmanah, Rw 08 Desa Melati Wangi. Adapun metode pengabdian yang digunakan oleh kami adalah metode Asset Based Community-Driven Development. Metode ini berupaya memberdayakan masyarakat dengan mengenali aset-aset yang dimilikinya sebagai modal awal untuk mengembangkan masyarakat tersebut. Melalui metode tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran daring menuntut orang tua peserta didik untuk menguasai semua mata pelajaran anaknya di sekolah. Sedangkan latar belakang Pendidikan masyarakat di desa Melati Wangi sebagian besar tamatan Sekolah Dasar bahkan masih ada beberapa yang putus sekolah. Berangkat dari latar belakang tersebut maka kami sebagai mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung bergerak untuk membantu memajukan pendidikan di daerah tersebut. Adapun program pendidikan yang kami fokuskan bergerak dalam tiga bidang yaitu Pendidikan Keagamaan di madrasah, Pendidikan Anak Usia Dini, dan pendidikan umum dengan membantu memberikan bimbingan belajar bersama salah satu warga desa. Hasil yang didapat dari program pendidikan ini adalah adanya pengembangan penerapan metode belajar yang modern dan inovatif. Kami berhasil menerapkan metode belajar baru di lingkungan tersebut, karena dilihat dari parameter yang ada di lapangan, hasilnya anak-anak lebih cepat memahami materi yang telah disampaikan dan juga memberikan feedback baik terhadap metode ajar yang kami terapkan. Dan para pengajar di daerah tersebut merasa terbantu atas program yang kami laksanakan.

References

Aditya, D. Y. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

AGAMA, M. B. D. P. G. A. Motivasi Belajar 1. Pengertian Motivasi Belajar.

Ahmad, A. 2017. Penerapan permainan bahasa (Katarsis) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas Iva SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9 (2), 75-83.

Cong, I Wayan Sujana. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Di Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4 No. 1, 2019: 29-39.

Nurkholis. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi.” Jurnal Kependidikan Vol. 1 No. 1, 2013: 24-44.

Lailiyah, N., & Wulansari, W. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1 (2), 166-173.

Sukirman, D. 2010. Keterampilan dasar mengajar. Universitas pendidikan indonesia.

Suprihatin, S. 2015. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3 (1), 73-82.

Suwargini, R., dan M. Mubin. 2014. “Gambaran Psikologis: Konsep Diri Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Wilayah Banjir Rob Kelurahan Bandarharjo Semarang Utara.” Jurnal Keperawatan Anak, 2014: 124-132.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Baehaki , A. ., Khairunnisa, K., Assidiki, M. ., Ashikin, N. ., Arfiadanti, R. A. ., Dalimah, W. ., Khumaeroh, M. S. ., & Mustapa, H. (2022). Pengembangan Metode Pembelajaran Anak di Kampung Hegar Manah Rw 08 Desa Melati Wangi Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(41), 160–175. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/726

Issue

Section

Articles