Pendampingan Pelaksanaan Porsadin di Desa Sirnaputra

Authors

  • Elly Marlina Usman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dita Rahmahtika Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Elly Marlina Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Ekologi, Efektivitas, Tri garta, Porsadin

Abstract

Kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Diniyah Takmiliyah (PORSADIN) merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh santri diniyah takmiliah antar DTA mulai dari tingkat kelurahan sampai tingkat nasional. Pelaksanaan porsadin ke-IX antar kelurahan di Desa Sirnaputra telah dilaksanakan pada tanggal 14-15 Agustus 2021 di kedusunan III kampung Cimanglid. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pengaruh ekologi administrasi terhadap efektivitas kegiatan porsadin di Desa Sirnaputra menggunakan analisis tri gatra dan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari segi ekologi administrasi, pelaksanaan kegiatan porsadin tingkat kelurahan di Desa Sirnaputra berjalan dengan efektif, meskipun banyak kendala seperti kontur wilayah serta keterbatasan tempat, namun kerjasama antara panitia dengan masyarakat dapat menutupi kekurangan tersebut sehingga kegiatan porsadin dapat berjalan dengan efektif.

References

Anggara Sahya. 2018. Ekologi Administrasi: Holistik, Kontemporer, dan Konstekstual. Bandung: CV Pustaka Setia.

Damas Yosua. 2020. Pengantar Ketahanan Sosial, Ekonomi, dan Ekonomi. Bayumas: CV Pena Persada.

Edi Mulyana. 2021. Kemenag Kota Tasik Dorong Porsadin 2021. Tasikmayala: News Priangantimur.com. https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com (diakses pada tanggal 4 September 2021)

Engkus, E. 2017. Administrasi Publik dalam Perspektif Ekologi. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. vol 7(1), hal 91-101.

Erawati Irma Dkk. 2017. Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Office. 3 (1).

Fakhsiannor. 2016. Analisis Faktor Ekologi terhadap Administrasi Negara dalam Transformasi Administrasi Modern. Jurnal As Siyasah. vol. 1 (1). hal 42-48.

Meleong, L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sastrio Mansyur. 2013. Efektivitas Publik Dalam Perspektif Konsep Administrasi Publik. Jurnal Academia Fisip UNTAD. 5(1). 965-972.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Usman, E. M. ., Rahmahtika, D., & Marlina, E. . (2021). Pendampingan Pelaksanaan Porsadin di Desa Sirnaputra. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(2), 188–197. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/691

Issue

Section

Articles