Membantu Aparatur Desa Cikaramas dalam Menyikapi Permasalahan di Desa pada Masa Pandemi

Authors

  • Alfitra Firmansyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mufid Ridlo Effendi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Program Kerja, Bimbingan Belajar, Desa Cikaramas

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat RW 02, Dusun Panyingkiran, Desa Cikaramas, Kecamatan Tanjung Medar, Kabupaten Sumedang yang menjadi tempat KKN yaitu kurangnya rasa menyadari adanya potensi di sekitar mereka yang mungkin bisa saja sewaktu waktu tertular virus Covid - 19. Salah satu program yang diterapkan di Desa Cikaramas terutama di dusun panyingkiran adalah Membantu Program Desa dan mengajar ngaji di TPA. Tujuan Membantu Program desa dan mengajar ngaji di TPA adalah :1) Untuk menciptakan kesadaran anak – anak akan pentingnya ilmu pengetahuan; 2) Untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berkarakter, kreatif dan inovatif; 3) Untuk mendorong dan memotivasi anak-anak agar semangat dalam belajar dan meraih prestasi. Selain itu ada juga program BIMBEL, program ini juga dapat membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan saat kegiatan pembelajaran di sekolah.

References

Soerjono Soekanto, Ringkasan metode Penelitian Hukum Empiris,IndHill,Jakarta,

Soerjono Soekanto, Penegakan Hukum.cet.2007,BPHN7 Binacipta,Jakarta, 1983.

Kelsey, LD and CC Hearne, (1955). Cooperative Extision work,see.ed. Comstock Publishing Associates. Adirision of carnelft University Press New York.

Trianto. 2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Daryanto.2010.Evaluasi Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Firmansyah, A., & Effendi, M. R. . (2021). Membantu Aparatur Desa Cikaramas dalam Menyikapi Permasalahan di Desa pada Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(2), 151–168. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/689

Issue

Section

Articles