Sosialisasi Penggunaan Apikasi Belajar bagi Orang Tua Siswa sebagai Pendamping Anak selama Pembelajaran Daring

Authors

  • Chantika Desi Lestari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Assyifa Junitasari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Daring, Pendidikan

Abstract

Pembelajaran secara daring kini merupakan salah satu sistem pembelajaran yang disarankan oleh pemerintah dan banyak digunakan dalam keadaan pandemi COVID-19 saat ini. Adanya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang telah melanda 215 negara di dunia, memberikan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Untuk melawan Covid-19 Pemerintah telah melarang untuk berkerumun, pembatasan sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing), memakai masker dan selalu cuci tangan. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah telah melarang perguruan tinggi untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka (konvensional) dan memerintahkan untuk menyelenggarakan perkuliahan atau pembelajaran secara daring (Surat Edaran Kemendikbud Dikti No. 1 tahun 2020). Perguruan tinggi dituntun untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring atau online. Adanya pembelajaran daring yang menggunakan jaringan internet sebagai media pembelajaran menjadi kesulitan tersendiri bagi beberapa kalangan. Dengan perkembangan teknologi kini, tidak semua masyarakat dapat mengikuti perkembangan tersebut, terutama bagi masyarakat di perdesaan. Pembelajaran yang dialihkan dengan menggunakan jaringan internet tentunya melibatkan teknologi tersebut. Hal inilah yang menjadi masalah bagi masyarakat Desa Margamulya RW 05 untuk membimbing anak yang bersekolah di jenjang sekolah dasar.

References

Kemendikbud, RI. (2020). Surat Edaran Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)

Kemenkes, RI. (2019)

WHO (World Health Organization). (n.d). Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)

Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 2460-2612.

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.

Stein, R. (2020). COVID-19 and Rationally Layered Social Distancing . International Journal of Clinical Practice.

Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(1).

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1)

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165

Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile . Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung..

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Lestari, C. D. ., & Junitasari, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Apikasi Belajar bagi Orang Tua Siswa sebagai Pendamping Anak selama Pembelajaran Daring. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(2), 140–150. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/688

Issue

Section

Articles