Penerapan Metode Istima’ dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Rt 011 Desa Banjarmasin
Keywords:
Motode Istima', Pembelajaran Bahasa Arab, Anak Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilakukan pada anak usia sekolah dasar yang baru mengenal bahasa Arab, yang mana usia tersebut merupakan masa emas bagi anak-anak untuk menerima ilmu baru. Untuk pembelajaran bahasa Arab kali ini menggunakan metode istima’. Metode istima’ dipilih karena metode ini lebih efektif dalam pembelajaran bahasa asing untuk anak-anak usia tersebut, mereka mudah menerima hal baru melalui daya pendengaran mereka. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode istima’ untuk anak usia sekolah dasa , cara penerapan metode istima’ dalam pembelajaran bahasa Arab, dan dampak penerapan metode istima’ dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak usia sekolah dasar di RT 011 Desa Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi dalam pengumpalan datanya dengan memfokuskan pada obyek penelitian. Dari penerapan metode ini peneliti berhasil mengenalkan dan mengajar bahasa arab secara efektif pada anak usia sekolah. Tak hanya itu, anak-anak juga tidak merasa bosan belajar dengan metode ini serta dapat menghafal dengan cepat tema yang diajarkan dalam bahasa Arab.
References
Fauziyah, Syifaul. 2018. SKRIPSI: Penerapan Metode Istima’ Dalam Pembelajaran Tahfidz Bagi Anak Penyandang Tunanetra Di Panti Asuhan ‘Aisyiyah Ponorogo.
Faridah, Nur. 2010, Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Audio Tape Recorder Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak siswa Tunanetra Kelas VIII Mts,Yogyakarta: UIN Yogyakarta
Hifni, Ahmad dan Kamil Ramma Oensyar. 2015. Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Banjarmasin: IAIN Antasari Press
Hermawan , Acep. 2014.Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono. 2012. strategi pembelajaran , Malang: UIN Maliki press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Widiana Diaz Asri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.