Upaya Meningkatkan Kesadaran dan Motivasi Semangat Anak dalam Belajar di Dusun Pasirloa Desa Kadakajaya Kecamatan Tanjungsari
Keywords:
Belajar, Kesadaran, Pengabdian, Semangat AnakAbstract
Melalui surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 4 Tahun 2020, yang membatasi sekolah-sekolah untuk tidak terlebih dahulu mengadakan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka, melainkan dengan cara online atau daring. Hal ini dikarenakan munculnya pendemi COVID-19 yang sangat mudah merebak, yang mengakibat banyak aktivitas-aktivitas masyarakat menjadi terganggu, termasuk kegiatan pendidikan disekolah-sekolah. Oleh sebab itu, setelah pandemi COVID-19 berlangsung cukup lama, mengakibatkan banyak anak mulai jenuh dalam belajar, sehingga semangat mereka mulai memudar atau bahkan hilang. Dalam rangka program yang terfokus pada pendidikan, dengan tujuan akhir guna penanganan masalah dalam kejenuhan dan ketidak semangatan dalam belajar, diperlukan suasana belajar yang aman, nyaman, tertib dan asik. Dalam melaksanakan kegiatan KKN ini, saya menggunakan metode observasi kualitatif, deskriptif, dan kepustakaan baik itu dari buku, jurnal, dan sebagainya. Yang kemudian dibagi menjadi beberapa tahapan, yakni: Refleksi Sosial (Social Reflection), perencanaan program (Participation Planning) dan pelaksanaan (Action). Adapun hasil setelah dilaksanakannnya program peningkatan motivasi dan semangat anak dalam belajar, sebagaimana hal ini dapat dilihat berdasarkan indikator dan keberhasilan kegiatan dalam pelaksanaannya, yang terdapat pada point-point berikut: Antusiasme anak dalam belajar meningkat, belajar dengan penuh motivasi, suasana belajar yang asik, kapasitas hafalan yang baik.
References
Arirahmanto, Sutan Bayu. 2018. Pengembangan Aplikasi Penurunan Kejenuhan Belajar Berbasis untuk Siswa SMPN 3 Babat. UNESA. Surabaya
Aziizu, dan Burhan Yusuf Abdul. 2015. Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. In Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 295-300
Fatina, Salsabila Widya, Indah Setia N, Dwi Inayatul H, Maulina Widiyastuti, Syaiful Amin. 2020. Bimbingan Belajar Berbasis Online di Desa Ngasem, kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Universitas Negeri Semarang
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat edaran Kemendikbud Nomor. 4 Taun 2020 berisi arahan mengenai belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh.
Muna, Naeila Rifatil. 2013. Efektivitas Teknik Self Regulation Learning Dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Insan Cendikia Sekarkemunging Cirebon. Jurnal Holistik. Vol. 14, No. 02
Munir. 2009. Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi: Bandung
Resti, Y, dan E S Kresnawati. 2020. Peningkatan kemampuan Numerasi Melalui Pelatiahn Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu Li Palembang. Jurnal Pendidikan (November 2020); 18-19
Sari. Milya, dan Asmendri. 2020. Penelitian kepustakaan (Library Research) dalam penelitian pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian IPA dan Pendiidkan IPA6(1): 41-53
Sujana, I Wayan Cong. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar4(1):29
Ruci Pawicara, Maharani Conilie. 2020. ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR MAHASISWA TADRIS BIOLOGI IAIN JEMBER DITENGAH PANDEMI COVID-19, ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi. Institut Agama Islam Negeri Jember. Vol. 1, No. 1,2020
Rohim, Dhina Cahaya, Septina Rahmawati, Inggrid Dyah Ganestri. 2021. Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. JURNAL VARDIKA. Vol. 33, No.1,2021
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 20 Ayat 3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wahyu Nur Cahyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.