Pemberdayaan Pendidikan Pengetahuan Dasar dan Keagamaan bagi Anak-Anak di Dusun Kaduheleut

Authors

  • Muhammad Hasymi Mujaddi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amar Muslih UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Mahasiswa, Pengabdian, Penelitian

Abstract

Kuliah Kerja Nyata-Dari Rumah (KKN- DR) merupakan salah satu tugas bagi mahasiswa untuk menjadi agens of change pembawa perubahan yang lebih baik bagi masyarat dan juga mahasiswa membawa nilai pengabdian dalam masyarat untuk membawa serta mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian Masyarakat. Mahasiswa perlu tampil sinergis dalam menjadi pelopor perubahan dalam ranah agama, politik, sosial, ekonomi, teknologi, dan khususnya Pendidikan. Metode yang digunakan ialah Field Research atau penelitian lapangan (Moelong, 2011). Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari mahasiswa peserta KKN DR UIN Sunan Gunung Djati Bandung beserta masyarakat yang berada di lokasi KKN DR. Data sekundernya berupa dokumentasi, catatan pribadi, dan referensi yang berkaitan dengan penelitian. Wawancara, observasi, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data yang kami gunakan. Wawancara yang dilakukan dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapat informasi dari masyarakat. Apa saja kesulitan yang dihadapi oleh orang tua dan guru dalam bidang pendidikan di tengah pandemi Covid 19.

References

AHMADI, A. (1979). DIDAKTIK METODIK. SEMARANG: TOHA PUTRA.

Ali, M. (2000). Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi . Bandung : Angkasa.

Freire, P. (1997). Menggugat Pendidikan. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hamid, S. (2011). Metode Eduitament. Jogjakarta: Diva Press.

Hasibuan, J. (1998). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Mansyur, d. (1981). Metodologi Penelitian Agama. Jakarta: Forum.

Moelong, L. L. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H. A. (1999). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

https://www.google.com/url?sa=t&source=web &rct=j&url=https://eprints.uny.ac.id/9397/3/ba b%25202%2520-

pdf&ved=2ahUKEwitktWmh- fyAhVc7XMBHVkZBnYQFnoECA4QAQ&usg=AO vVaw2preCpsCBRn2r0jlEV9vDF (Diakses pada minggu, 5 September 2021 pukul 08.33) https://www.google.com/url?sa=t&source=web &rct=j&url=https://kkn.unnes.ac.id/lapkkn/114 02_3324122015_Desa%2520Tratemulyo_201412 23_110650.pdf&ved=2ahUKEwjp- vSiiefyAhX8FLcAHbhyDpcQFnoECCYQAQ&usg

=AOvVaw3SPn_pVHSFFbrtQBOp0uS6 (Diakses pada minggu, 5 September 2021 pukul 07.25).

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Mujaddi, M. H. ., & Muslih, A. (2021). Pemberdayaan Pendidikan Pengetahuan Dasar dan Keagamaan bagi Anak-Anak di Dusun Kaduheleut. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(39). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/678

Issue

Section

Articles