Pentingnya Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kebudayaan, dan Kesehatan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Pendidikan, Kebudayaan, Kesehatan, CovidAbstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi agar dapat mencetak mahasiswa berkualitas yang dapat mengkorelasikan ilmu yang didapatkan dengan realitas masyarakat. Pelaksanaan KKN-DR dilaksanakan dengan dasar Tridharma perguruan tinggi yang mana pengabdian pun perlu diimplementasikan setelah pendidikan dan penelitian dilaksanakan. Pelaksanaa KKN tahun 2021 adalah kegiatan KKN DR dimana dalam KKN ini mahasiswa melakukannya secara daring di daerah sekitar yang lebih strategis dengan mahasiswa untuk melakukan segala aktivitas yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Pandemi Covid-19 merupakan peristiwa menyebarnya penyakit dan hal ini menjadikan ada sedikit banyaknya perubahan yang akan dialami setiap individu. Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak. Hal ini menjadikan banyak peraturan atau kebijakan baru yang dicanangkan oleh pemerintah mulai dari sekolah dari rumah (daring), patuhi 3M, jangan berkerumun dan hal lainnya berdampak pada sektor pendidikan, sosial budaya dan Kesehatan. Kondisi di Kampung Cisalatri seperti pembelajaran daring dirasa kurang efektif dalam pelaksanaannya karena membuat murid menjadi jenuh dan seringkali mendapatkan lebih banyak tugas melebihi seperti biasanya. Hal tersebut menjadikan kesibukan individual dan melupakan beberapa kehidupan sosial anak seperti permainan tradisional yang mulai terlupakan dan kesehatan yang mulai terabaikan membuat penulis untuk menggali lebih jauh mengenai permasalahan dan potensi lannya yang dimiliki untuk menghasilkan sebuah penelitian yang relevan.
References
Undang-undang NO. 23 tahun 1992
Koentjaraningrat.1983. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Aksara Baru.
Raka Joni, T., Strategi Belajar- Mengajar, Sesuatu Tujuan Pengantar. Jakarta: P2LPTKDepdikbud, 1985
Dikti, 1996
Undang- undang RI Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pembelajaran Nasional. Depdiknas, 2003