Implementasi Program Bimbingan Belajar terhadap Produktifitas Karang Taruna dalam Mengajar Anak-Anak (Pemberdayaan Karang Taruna di Dusun Pamagangan dengan Metode Sisdamas)

Authors

  • Annisa Shafira Muntaha Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dini Nurlaeli Fauziah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nanda Aulia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tika Nur Aulia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bimbingan Belajar, Produktivitas, Motivasi belajar

Abstract

Munculnya pandemi berdampak terhadap Pendidikan, karena pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring maka muncul beberapa masalah, seperti menurunnya motivasi belajar anak dan menurunnya kemampuan anak dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan suatu program bimbingan belajar terhadap karang taruna di Dusun Pamagangan untuk meningkatkan produktivitas karang taruna dalam mengajar siswa di lingkungan Dusun Pamagangan. Penelitian ini melibatkan 5-8 orang anak dan karang taruna di lingkungan RT 03 RW 12. Dalam penelitian ini terdapat beberapa tahapan, yaitu refleksi sosial, community organizing dan social mapping, participative planning, pelaksanaan program (action), serta evaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya program bimbingan belajar, motivasi belajar anak di lingkungan dusun pamagangan meningkat, anak - anak menjadi lebih bersemangat untuk mengerjakan tugas mereka karena selama proses bimbingan belajar diselingi dengan permainan. Selain itu, program ini juga dapat dilanjutkan oleh karang taruna walaupun KKN di desa Karangbenda sudah berakhir.

References

Ananda. R, f. I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. BASICEDU, 1689-1694.

Andayani, d. (2014). Penerapan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA Negeri 1 Sukadasa. e-journal Undiska .

Chusna., P. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Peran Orangtua dan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. Journal of Islamic Elementary Education, 2.

Darmadi. (2018). asyiknya Belajar Sambil Bermain. Guepedia.

Deddy Corbuzier, E. T. (2020). Millenial Power. Jakarta: Bhuana Ilmu.

Gideon, S. (2018). Peran Media Bimbingan Belajar Online RuangGuru dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SMP dan SMA Masa Kini: Sebuah Pengantar . JDP, 167-182.

Kemendikbud. (2020). Dampak Covid Bagi Pendidikan. Kemendikbud.

Krisnaldy, d. (2021). Peran Karang Taruna dalam Peningkatan PAD Kelurahan Pojok Benda. Abdimas, 15-24.

Laroza, W. (2019). Peran Karang taruna dalam Membentuk Moral Remaja di Kelurahan Rajabasa Bandar Lampung . UIN Raden Intan Lampung.

Marwah, d. (2019). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Education.

Noviyanti, R. (2019). Perbandingan Siswa Les dan Tidak Les terhadap prestasi Belajar Biologi di SMA Negeri 8 Banda Aceh. BIOnatural, 102-114.

Suci, I. I., I, W., Kurniawan, H., & F. (2020). Transformasi Digital dan Gaya Belajar. CV. Pena Persada.

Wijoyo, H. (2021). Dampak Pandemi terhadap Kehidupan Manusia (Ditinjau dari Berbagai Aspek). Insan Cendikia Mandiri.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Muntaha, A. S. ., Fauziah, D. N. ., Aulia, N., & Aulia, T. N. (2021). Implementasi Program Bimbingan Belajar terhadap Produktifitas Karang Taruna dalam Mengajar Anak-Anak (Pemberdayaan Karang Taruna di Dusun Pamagangan dengan Metode Sisdamas). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(10), 102–113. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/634

Issue

Section

Articles