Pendampingan Belajar Siswa SMP, SMA/SMK di Rw 02 Cicukang Desa Mekarahayu Kecamatan Marga Asih

Authors

  • Vinka Silvia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rini Sulastri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Belajar, Pendampingan, Program

Abstract

Pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19 khususnya siswa SMP, SMA/SMK sebagai permasalahan yang sedang dihadapi warga RW 02 Cicukang Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih, Warga kurang menyadari potensi untuk mengatasi masalah pembelajaran khususnya siswa menengah yaitu pendampingan belajar selama belajar dirumah. Program pendampingan belajar dapat dilakukan oleh sumberdaya yang ada dalam masyarakat seperti tenaga pengajar dan fasilitas belajar kelompok. Tujuan program pendampingan belajar ini, untuk membatu kesulitan belajar daring siswa SMP, SMA/SMK melalui pemberdayaan masyarakat. Hasil dari program bimbingan belajar ini adalah siswa dapat mengerjakan tugas dengan lebih mudah dipahami dan juga dapat berdiskusi dengan teman lainnya dengan rasa antusias yang lebih tinggi dibandingkan dengan belajar individu. Kegiatan bimbingan belajar ini sangat membantu siswa dalam mengerjakan soal dan belajar untuk beradapatasi dengan teknologi yang akan sering digunakan selama belajar dirumah.

References

Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

dkk, Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka. Cipta

Nindya Wijayanti.2013 ‘Strategi Coping Menghadapi Stres Dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program S1’

Ending Poerwanti dan Nur Widodo. 2002. ‘Perkembangan Peserta Didik’. Malang: UMM Press.

Siti Partini S. dkk. 2006. ‘Perkembangan Peserta Didik’Yogyakarta: UNY

Sri Mulyani. 2006. Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Abdurrahman, M. .2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-11-07

How to Cite

Silvia, V., & Sulastri, R. (2021). Pendampingan Belajar Siswa SMP, SMA/SMK di Rw 02 Cicukang Desa Mekarahayu Kecamatan Marga Asih. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(10), 71–77. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/631

Issue

Section

Articles