Optimalisasi Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rancage Desa Curugrendeng

Authors

  • Intan Putri Hidayat Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Leva Hadiyanti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Reni Sukmawati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Siti Nurasiah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Babay Suhaemi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Optimalisasi, Pandemi, UMKM

Abstract

Ekonomi merupakan salah satu aspek yang terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Banyak problematika yang timbul dalam kehidupan perekonomian nasional maupun global. Berbagai permasalahan timbul akibat banyaknya kebijakan yang ditetapkan. Segala bentuk pembatasan aktivitas dibuat demi memutus mata rantai Covid-19. Hal ini berakibat pada sektor ekonomi yang mana tidak sedikit pengusaha terpaksa gulung tikar karna tidak mampu lagi mempertahankan usahanya. Tidak sedikit pula karyawan yang kehilangan pekerjaannya dan menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan demikian timbul sebuah pertanyaan terkait bagaimana cara masyarakat agar tetap bisa bertahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ditengah pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan bagaimana tujuan ekonomi kreatif yang dirancang oleh pemerintah dapat tercapai. Oleh karena itu pengabdian ini bertujuan agar optimalisasi ekonomi kreatif di masa pandemi dapat tercapai. Pelaksanaan KKN-DR Sisdamas 2021 menggunakan metode yang telah diberikan oleh LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Rangkaian metode pelaksanaannya terdiri dari rancangan kegiatan dan rancangan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukan bahwa UMKM Rancage sudah dapat bertahan di tengah pandemi sebagai optimalisasi program ekonomi kreatif, namun demikian untuk mewujudkan UMKM yang lebih baik perlu adanya beberapa perbaikan.

References

Andi, Amri. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Universitas Muslim Maros e-journal: https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand (diakses tanggal 5 Agustus 2021)

Fauzi, Rizal Ula Ananta, dkk. 2021. Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun. Journal Of Community Engagement: Indonesia Berdaya.

Sari, Anggri Puspita, dkk. 2020. Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.

Sari, Novita. 2018. Pengembangan ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora: Universitas Jambi.

UU No. 20 Tahun 2008 Tentang UMKM

Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas)

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Hidayat , I. P. ., Hadiyanti , L. ., Sukmawati, R. ., Nurasiah, S. ., & Suhaemi, B. . (2021). Optimalisasi Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Rancage Desa Curugrendeng. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(20). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/618

Issue

Section

Articles