Implementasi Metode Maqdis dalam Pembelajaran Al-Qur’an dengan Mudah dan Asyik di MI Permata Bangsa Desa Cibiru Hilir

Penulis

  • Luthfi Permana Adiwidjaya UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Metode Maqdis, Pembelajaran Al-Qur’an, MI Permata Bangsa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Metode Maqdis dalam pembelajaran Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Permata Bangsa, Desa Cibiru Hilir. Metode Maqdis merupakan pendekatan inovatif yang dirancang untuk membuat pembelajaran Al-Qur'an lebih mudah dan menyenangkan bagi siswa. Dalam konteks pendidikan agama, pentingnya metode yang sangat menarik diperlukan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Maqdis berhasil menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap materi Al-Qur'an dan lebih aktif terlibat dalam kegiatan belajar, seperti diskusi dan permainan edukatif. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam penerapan metode ini, seperti kebutuhan pelatihan bagi guru dan dukungan dari orang tua. Meskipun demikian, secara keseluruhan Metode Maqdis terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur'an di MI Permata Bangsa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Metode Maqdis dapat menjadi alternatif yang baik untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran Al-Qur'an di lembaga pendidikan lainnya.

Referensi

Arifin, Z. (2020). Metode Maqdis dalam Pembelajaran Al-Qur'an: Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 123-135.

Hidayah, N. (2021). Inovasi Pembelajaran Al-Qur'an dengan Metode Maqdis di Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 8(1), 45-52.

URL: www.seminarnasionalpendidikan.com/2021/hidayah

Rahman, A. (2019). Penerapan Metode Maqdis dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur'an di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(3), 200-210.

Mustafa, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Al-Qur'an di Era Digital: Metode Maqdis sebagai Solusi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(4), 89-97.

URL: www.jtp.edu/2022/mustafa

Sari, L. (2023). Implementasi Metode Maqdis dalam Pendidikan Karakter Melalui Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 34-42.

DOI: 10.2345/jpk.v9i1.321

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-24

Cara Mengutip

Luthfi Permana Adiwidjaya. (2024). Implementasi Metode Maqdis dalam Pembelajaran Al-Qur’an dengan Mudah dan Asyik di MI Permata Bangsa Desa Cibiru Hilir. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(5), 1–8. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/6112

Terbitan

Bagian

Articles