Implementasi Bantuan Sosisal Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sindangsari

Penulis

  • Iqdam Mauludi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Nur Azizah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Rivia Fadila Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Salsa Maulina Yuniar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Yoga Julian Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Usep Dedi Rostandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Bantuan Sosial, Covid-19, Implementasi

Abstrak

Implementasi Bantuan Sosial pada masa Pandemi Covid-19 di Desa Sindangsari. Latarbelakang penulisan artikel yaitu karena terselenggaranya kegiatan kuliah kerja nyata. Covid-19 menjadi salah satu dampak terbesar bagi merosotnya perekonomian di berbagai Negara, kota maupun daerah hingga saat ini. Model penelitian ini adalah model Identifying, Planning, Organizing, Acting, dan Impact (IPOAI). Metode pengumpulan datanya yaitu dengan pola mendapatkan data nama lengkap dan alamat tempat tinggal (by name, by adress). Data tersebut kemudian diverifikasi oleh mahasiswa KKN, sehingga benar-benar valid dan akurat. Data yang valid dan akurat akan memudahkan strategi pemberian bantuan bagi masyarakat agar tepat sasaran dan bermanfaat. Selanjutnya, perencanaan dan pengorganisasian dilakukan supaya kegiatan dapat berjalan efektif, efisien, tepat sasaran dan bermanfaat serta sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembagian bantuan sosial yang dilakukan oleh tim kuliah kerja nyata dapat membantu perekonomian masyarakat desa sindangsari yang terkena dampak Covid-19.

Referensi

Mogi, A., Rahayu, K. P., Sanjaya, R., Nurmono, & Sulistiyani5. (2020). Bantuan Sosial Bagi Warga Terdampak Covid-19 Kampung Parigi. Abdi Masyarakat Humanis, 14-19.

Mufida, A. (2020). Polemik Pemberian Bantuan Sosial di tengah pandemic covid-19. Jurnal Hukum dan Keadilan, 159-166.

Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.

Rahmansyah, W., Qadri, R. A., & Sakti, R. R. (2020). Pemetaan Permasalahan Penyaluran Bantuan Sosial untuk penanganan covid di Indonesia. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara, 90-102.

Retnaningsih, H. (2020). Bantuan Sosial bagi Pekerja di Tengah Pandemi Covid-19: Sebuah Analisis terhadap Kebijakan Sosial Pemerintah. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 215-227.

Tapung, M. M., Regus, M., Payong, M. R., Rahmat, S. T., & MaigahoakuJelahu, F. (2020). Bantuan Sosial Dan Pendidikan Kesehatan Bagi Masyarakat Pesisir Yang Terdampak Sosial-Ekonomi Selama Patogenesis Covid-19 Di Manggarai. jurnal Pengabdian Masyarakat, 12-26.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Mauludi, I. ., Azizah, N. ., Fadila, R. ., Yuniar, S. M. ., Julian, Y., & Rostandi, U. D. . (2021). Implementasi Bantuan Sosisal Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sindangsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(20), 114–124. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/607

Terbitan

Bagian

Articles