Upaya Inovatif dalam Meningkatkan Minat dan Kreativitas Anak melalui Metode Belajar Sambil Bermain di Sekolah Alam Desa Biru (Selam Biru)

Authors

  • Yunita Ayudhia Anzani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Akmal Mohamad Sayyid UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fiqih Nurjaman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indah Rahmatillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Saepulrohim UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Anak-anak, belajar, bermain, KKN, sekolah alam

Abstract

Program "Sekolah Alam Desa Biru" (Selam Biru) adalah inovasi pendidikan berbasis alam yang diterapkan di Desa Biru sebagai bagian dari kegiatan KKN Sisdamas kelompok 141. Program ini dirancang untuk meningkatkan minat dan kreativitas anak-anak melalui metode belajar sambil bermain di lingkungan terbuka. Selam Biru bertujuan mengatasi kurangnya motivasi belajar anak-anak akibat ketergantungan pada teknologi seperti ponsel, sekaligus memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) untuk merancang dan mengimplementasikan program Selam Biru. Program ini berhasil melibatkan 67 anak usia Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar di alam terbuka mampu meningkatkan keterampilan kognitif, sosial, dan motorik anak-anak. Selain itu, dukungan dari masyarakat setempat memperkuat pelaksanaan program ini. Kesimpulannya, Selam Biru adalah pendekatan efektif untuk mengatasi masalah belajar anak-anak di Desa Biru, memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.

References

Kalida, Muhsin. 2012. Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Aswaja

Loka, I., & Listiana, A. 2022. “Analisis Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Pada Kurikulum Sekolah Alam.” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)5(6), 709-721

Lendonovo, Septriana. 2009. Sebuah Novel Tentang Dia. Penggagas Sekolah Alam. Bogor: SoU Publisher

Santoso, S. B. 2010. Sekolah Alternatif, Mengapa Tidak? Yogakarta: Diva Press

Sardiman M.A, 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Penerbit Comdes.

Yuliawati, Sri. 2012. ‘Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia’. Jurnal Ilmiah Widya Tahun 29 Nomor 318.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Yunita Ayudhia Anzani, Sayyid, A. M., Fiqih Nurjaman, Indah Rahmatillah, & Saepulrohim, A. (2024). Upaya Inovatif dalam Meningkatkan Minat dan Kreativitas Anak melalui Metode Belajar Sambil Bermain di Sekolah Alam Desa Biru (Selam Biru). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(8), 1–13. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/6036

Issue

Section

Articles