Peningkatan Kualitas Pendidikan di Masa Pandemi Melalui Program KKN-DR

Authors

  • Herlinda Lulu Cahya Andari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Rini Sulastri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

COVID-19, Kelompok belajar, Kualitas Pendidikan, Pembelajaran Daring

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memberikan perubahan pada proses pembelajaran di sekolah yang awalnya tatap muka beralih menjadi pembelajaran berbasis daring. Perubahan yang begitu cepat menimbulkan banyak permasalahan bagi peserta didik, khususnya di tingkat sekolah dasar kelas rendah. Banyak orang tua yang tidak bisa mendampingi belajar anak karena aktifitas sehari-harinya. Akibatnya proses pembelajaran tidak maksimal dan capaian pembelajaran tidak bisa tercapai. Tujuan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kebutuhan warga masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di RW 01 Desa Banyusari Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil pengabdian ini yaitu membentuk kelompok belajar khususnya bagi peserta didik kelas rendah sesuai materi yang diberikan dari sekolah, membantu guru PAI dalam pembuatan video pembelajaran daring dan mengadakan kegiatan mengaji bagi remaja untuk penguatan dalam bidang keagamaan.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Andari, H. L. C. ., & Sulastri, R. . (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Masa Pandemi Melalui Program KKN-DR. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(20), 87–96. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/603

Issue

Section

Articles