Pengaruh Citra Merek Terkenal Terhadap Keputusan Pembelian Tas Sport Yang di Produksi di Kampung Cilame

Authors

  • Depi Paujiah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Solihin Solihin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Citra Merek, Keputusan Pembelian, Tas

Abstract

Tas adalah wadah tertutup yang dapat dibawa bepergian dan mudah dibawa kemana-mana. Ada banyak sekali jenis tas yang ada didunia ini, mulai dari tas gunung, tas olahraga, tas sekolah dan yang lainnya. Semakin banyaknya tas yang muncul, maka semakin banyak juga merek-merek yang saling bersaing untuk merebut hati masyarakat agar melakukan pembelian. Hal itu juga berpengaruh terhadap merek-merek baru yang memang kalah saing dengan merek-merek yang sudah terkenal dan memiliki citra merek yang baik, merek baru tersebut semakin sulit untuk bisa mengambil hati para pembeli. Dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruhnya citra merek yang sudah terkenal terhadap tingkat keputusan pembelian  tas olahraga yang diproduksi oleh konveksi tas di Kampung Cilame. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, karena permasalahan yang ada berhubungan dengan manusia yang secara fundamental bergantung pada pengamatan. Berdasarkan dari hasil dan pembahasan selama kegiatan penelitian di beberapa konveksi tas olahraga di Kampung Cilame, diperoleh kesimpulan bahwa dalam proses pemasaran produk tas olahraga itu citra merek sangatlah berpengaruh terhadap tingkat keputusan pembelian. Pembeli lebih berminat untuk membelanjakan uangnya untuk produk yang memang sudah memiliki merek terkenal sekalipun itu adalah produk tiruan dibandingkan produk  yang dibuat konveksi tersebut dengan merek asli konveksi itu.

References

Fitriani, D. N. (2018). Kajian Tentang Oral Document: Tinjauan Pada Gerakan Dokumentalis Baru, Visi Pustaka. 20 (1), 23-34.

Gifani, A., Syahputra. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom, Bisnis dan Iptek.10 (2), 13-21.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2 (2), 144-159.

Kurniawan, F., Arifin, Z., Fanani, D. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Para Siswa SMAN 15 Surabaya Kelas XII yang Menggunakan Laptop Bermerek ASUS). Jurnal Administrasi Bisnis. 56 (1). 75-81.

Perdata, I. B. K. (2016). Instrumen Observasi Kegiatan Inti Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik (5M) di SMA. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6 (2).

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6 (1), 13-21.

Tamimi, P. S., Nugraha, H. S., Widiartanto. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Dell di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science.1-10.

Yuhana, A. N., Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidik Islam, 7 (1).

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Paujiah, D. ., & Solihin, S. (2021). Pengaruh Citra Merek Terkenal Terhadap Keputusan Pembelian Tas Sport Yang di Produksi di Kampung Cilame. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(20), 75–86. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/602

Issue

Section

Articles