Upaya Meningkatkan Mutu UMKM Diera Digital Dalam Aspek Kepercayaan dan Kemudahan Transaksi di Desa Cigugurgirang
Kata Kunci:
Halal, Qris, UMKM, Digitalisasi, SertifikasiAbstrak
Dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang memberikan peluang besar bagi UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Program pendampingan UMKM di RW 01 Desa Cigugurgirang dilakukan melalui metode Sistem Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan pelaku usaha dalam menerapkan teknologi pembayaran digital serta memenuhi standar sertifikasi halal. Program ini mencakup dua aspek utama, yaitu edukasi penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode pembayaran non-tunai yang mudah diakses oleh UMKM, dan pendampingan proses sertifikasi halal. Urgensinya dalam penggunaan Qris dan Sertifikasi Halal UMKM adalah untuk memenuhi persyaratan legal untuk mendapatkan kepercayaan dan kemudahan dalam bertransaksi. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pelaku usaha terkait sistem pembayaran digital dan pentingnya sertifikasi halal dalam meningkatkan daya saing usaha, khususnya di tingkat desa. Pendekatan SISDAMAS memungkinkan transfer informasi yang efektif melalui sosialisasi langsung, penyuluhan, dan pelatihan praktis yang melibatkan partisipasi aktif dari pelaku UMKM dan masyarakat setempat.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 SABILA NUR AZZAHRA SABILA, Alif Rahman Muljawan, Siti Zahroturrohmah, Sultan Cahyadi, Tanti Dewinggih

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

