Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mufradat Bahasa Arab pada Masa PPKM di Pondok Pesantren Miftahuttaufiq

Penulis

  • Selly Siti Nazwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Siti Khumaeroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Mufradat, Bahasa Arab

Abstrak

Dalam memahami Bahasa Arab perlu adanya penguasaan mufradat Bahasa Arab. Namun kendala dalam mempelajarinya akan selalu ada, terutama saat PPKM ini. Motivasi belajar santri mengalami penurunan karena sudah terlalu lama pembelajaran dilaksanakan dalam jarak jauh, sehingga timbulnya rasa bosan. Tujuan kegiatan KKN ini untuk membantu para santri kelas dua yang berada disekitar kelurahan Pasir Biru untuk meningkatkan motivasi belajar mereka dalam mempelajari mufradat bahasa arab. Adapun metode yang digunakan yaitu metode SISDAMAS (Berbasis Pemberdayaan Kepada Masyarakat) yang berbasis pada keilmuan masing-masing prodi. Dengan menggunakan strategi yang telah dilakukan, motivasi belajar mereka mengalami peningkatan. Terbukti dari hasil Pre-test dan Post-test yang telah dilakukan.

Referensi

Amirudin. 2017. ‘Poblematika Pembelajaran Bahasa Arab’. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 1–12.

Mardiah, Mansur & Sulistiono, M. 2021. ‘Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pndidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi COVID-19 di SD Negeri 3 Tamanharjo Singosari, Malang: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3.

Noor. 2010. ‘Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi.’ Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462

Riduwan. 2016. ‘Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi.’ EKUITAS: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan.

Rodliyah, Zaenuddin. 2012 ‘Pembelajaran Nahwu dan Sharaf dan Implikasinya Terhadap Membaca dan Memahami Literatur Bahasa Arab Kontemporer’. Santri Pesantren Majlis Tarbiyatul Mubtadiin Desa Kempek Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Holistik, 13(June), 95–120.

Septiani & Samputra. 2021. ‘Analisis Pengaruh Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)’. Akibat Dampak Pandemik Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.

Ahmad. 2009. ‘Metodologi Pengajaran Bahasa Arab’. Malang: Misykat.

Ainin, dkk. 2006. ‘Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’. Malang: Misykat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-28

Cara Mengutip

Nazwah, S. S., & Khumaeroh, M. S. . (2022). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mufradat Bahasa Arab pada Masa PPKM di Pondok Pesantren Miftahuttaufiq. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(42), 47–54. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/595

Terbitan

Bagian

Articles