Rendahnya Minat Masyarakat Melanjutkan Pendidikan Perguruan Tinggi

Authors

  • Fatih Pratama El Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rully Fatwa Alamsyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shiamul Ihsan Arifin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gina Sakinah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Masyarakat, Desa Hegarmanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi melanjutkan pendidikan formal di Rw 06 Desa Hegarmanah. Berdasarkan data observasi dan wawancara mendalam dengan masyarakat setempat, ditemukan bahwa rendahnya motivasi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, antara lain: rendahnya kondisi ekonomi keluarga, kurangnya akses terhadap fasilitas pendidikan yang memadai, rendahnya kesadaran akan pentingnya pendidikan, serta adanya persepsi bahwa pendidikan formal tidak selalu menjamin perbaikan kondisi ekonomi. Faktor-faktor ini saling berinteraksi, sehingga memperkuat siklus rendahnya partisipasi pendidikan formal di Desa Hegarmanah. Studi ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam merancang intervensi yang lebih efektif untuk meningkatkan partisipasi pendidikan di Desa Hegarmanah

References

Komariah, Aan & Satori, Djam’an (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Lestari, Zakso & Hidayah (2021). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Kasus Pada Remaja di Desa Sepadu). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Riau.

Affizul, Daulay & Putri (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Remaja Desa

Melanjutkan Pendidikan di Perguruan Tinggi. Aggregate Journal: Journal Of Economic Education, Management, Social And Business. Riau.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Fatih Pratama El Hakim, Rully Fatwa Alamsyah, Shiamul Ihsan Arifin, & Gina Sakinah. (2024). Rendahnya Minat Masyarakat Melanjutkan Pendidikan Perguruan Tinggi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(2), 1–7. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5868

Issue

Section

Articles