Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di SDN 01 Panyairan Desa Cigugurgirang

Authors

  • Ahmad Dzaky Hilmy Khairy UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lailatul Try Maulida UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mayla Nida Alihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rama Adri Nata UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rifqy Muhamad Alfian UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tanti Dewinggih UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Disiplin, Karakter, Kerjasama, Pramuka

Abstract

Karakter yang baik adalah sifat-sifat positif yang dimiliki seseorang yang mencerminkan integritas, empati, dan tanggung jawab. Seseorang dengan karakter yang baik menunjukkan kejujuran dalam segala tindakan, mampu berkomunikasi dengan baik dan menghormati orang lain, serta bersikap adil dan terbuka terhadap perbedaan. Kegiatan Pramuka dapat membantu pembentukan karakter siswa, seperti tanggung jawab, disiplin, kerjasama, dan kepedulian sosial. Metode yang digunakan adalah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Sisdamas), yang melibatkan observasi, wawancara, dan partisipasi aktif guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Pramuka berhasil menanamkan nilai-nilai karakter yang positif pada siswa, seperti kerjasama tim, kepemimpinan, dan kedisiplinan. Kegiatan Pramuka di sekolah memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk karakter siswa dan meningkatkan nilai-nilai moral serta sosial mereka.

References

Ardy, Wiyani, Novan. 2012. Pendidikan Karakter dan Kepramukaan. Yogyakarta, PT Citra Aji Pratama

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik

Koesoema, Doni. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo. Cet. I.

Murniati Baiq. 2011. Pengaruh Pendekatan Analisis Nilai dalam Pembelajaran IPS terhadap Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik. Edisi Khusus No. 2 Agustus 2011.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan.

Ryan, Kevin & Bohlin, K. E. 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.

Soekanto, Soerjono. 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Vony Wijayanti, “Upaya Pembentukan Kepercayaan Peserta Didik Kelas V Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Min 1 Yogyakarta”, Skripsi, Yogyakarta, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta 2018

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Hilmy Khairy, A. D., Try Maulida, L. ., Nida Alihah, M., Adri Nata, R. ., Muhamad Alfian, R. ., & Dewinggih, T. . (2024). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka di SDN 01 Panyairan Desa Cigugurgirang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(1), 1–8. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5843

Issue

Section

Articles